Lewat IndiHome, Telkom Komit Perluas Akses Internet

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
02 November 2022 16:03
Edie Kurniawan VP Marketing Menegement PT. Telkom Indonesia (persero) Tbk. dalam acara CNBC Indonesia Awards 2022. (Tangkapan layar CNBC Indonesia TV) Foto: Edie Kurniawan VP Marketing Menegement PT. Telkom Indonesia (persero) Tbk. dalam acara CNBC Indonesia Awards 2022. (Tangkapan layar CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - VP Marketing Management Telkom Indonesia Edie Kurniawan menuturkan bahwa pihaknya memiliki 3 pendekatan dalam memperluas akses internet di masyarakat, yakni fix broadband, fix wireles akses, dan satelit.

Hal tersebut sejalan dengan konsentrasi pemerintah dalam mendorong akses jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia, agar perekonomian masyarakat bisa semakin bergairah.

"Ketiganya platform itu dilakukan oleh Telkom untuk dapat memberikan jangkauan luas di masyarakat," kata Edie, Rabu (2/11/2022).

Edie menambahkan, bahwa pihaknya lewat IndiHome telah memasang 168 ribu km optic dari Sabang sampai Merauke yang menjangkau 499 kabupaten atau sekitar 97%. Ke depan akses tersebut diharapkan bisa lebih besar lagi dalam mendorong pemerataan internet.

"Artinya ini adalah kesempatan buat masyarakat karena IndiHome bagian dari Telkom, dan Telkom bagian BUMN. Ini salah satu hal yang dilakukan Indihome untuk membantu perluasan akses. Saya pikir 97% itu akan kita kembangkan agar seluruh kabupaten bisa tergelar fixed broadband-nya," jelasnya.

Dari sisi layanan sendiri ujar Edie, pihaknya selalu berupaya mengutamakan tingkat kestabilan internet. Hal ini perlu dilakukan agar kepercayaan konsumen tetap terjaga. Namun tantangannya lanjut Edie yakni bagaimana mengatasi penggunaan akses layanan internet yang melebihi jumlah pelanggan.

"Saat ini pelanggan 9 juta. Tapi ada 183 juta user yang terconnect. 1 line bisa dipakai untuk 10 orang. Kita tetap jaga stabilitas bagus. Mungkin tidak pada maksimumnya. Tapi paling tidak di 70-80% kita dipertahankan untuk bisa diakses 183 juta pelanggan. Itu tantangan besar karena 9 juta diakses 183 juta," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Komitmen Telkom Indonesia Bangun Ekosistem Data Center RI


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading