Cara Mudah Lacak Lokasi Pakai WA, Google Maps Juga Bisa

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
01 November 2022 11:05
Ilustrasi warga menggunakan aplikasi sosial media di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, (19/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi warga menggunakan aplikasi sosial media di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, (19/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Cara mudah lacak lokasi pakai WhatsApp bisa dilakukan oleh semua pengguna. Sebab aplikasi pesan milik meta itu punya fiturnya.

Fungsi WhatsApp ini dapat digunakan ketika, misalnya, sedang ada janji dengan orang lain atau saat ingin mengetahui keberadaan orang tersebut.

WhatsApp memiliki fitur bernama "Share Live Location". Pengguna bisa membagikan lokasi pada orang lain melalui fitur tersebut.

Namun lokasi yang dibagikan tidak bisa dilakukan selamanya. WhatsApp hanya menyediakan tiga opsi yakni 15 menit, 1 jam hingga 8 jam.

Berikut cara untuk bisa mengetahui lokasi orang lain melalui WhatsApp:

  • Buka chat personal atau grup WhatsApp yang ingin dibagikan lokasi.
  • Pastikan lebih dulu ponsel telah mengaktifkan GPS di ponsel. Lalu kembali lagi ke WhatsApp, tekan simbol attach file (clip) pilih Location.
  • Tekan Share Live Location. Pilih durasi untuk membagikan lokasi.

Selain menggunakan WhatsApp lewat fitur Share Live Location, pengguna juga bisa membagikan lokasi lewat layanan lain yakni Google Maps. Sebagai catatan tetap jangan lupa mengaktifkan pengaturan GPS di smartphone. Ini caranya:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Klik lambang akun yang ada di kanan atas layar.
  • Bagikan lokasi tersebut kepada pengguna akun di WhatsApp. Lokasi pun sudah bisa diketahui sekarang.

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

WhatsApp Tiba-Tiba Down, Ini Penampakannya


(dem/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading