Google-Facebook Minggir, Raja Aplikasi di RI Bukan dari AS

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
24 October 2022 10:20
Ilustrasi warga menggunakan aplikasi sosial media di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, (19/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi warga menggunakan aplikasi sosial media di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, (19/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - TikTok menjadi aplikasi seluler yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara pada September 2022.

Aplikasi asal China itu telah diunduh hampir 12,2 juta instal naik 17,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021.

Negara dengan penginstalan TikTok terbanyak selama periode ini adalah Indonesia yakni sebesar 37,4 persen dari total unduhan dan Vietnam sebesar 26,8 persen.

Perkiraan unduhan aplikasi berasal dari laporan Sensor Tower, dikutip dari laman resminya, Senin (24/10/2022)

CapCut dari Bytedance adalah aplikasi seluler kedua yang paling banyak diinstal di Asia Tenggara bulan lalu dengan hampir 10,5 juta unduhan. Ia mengalami peningkatan unduhan sekitar 14 persen dari September 2021.

Negara-negara dengan jumlah penginstalan CapCut terbesar adalah Indonesia dengan 46,4 persen, diikuti oleh Vietnam di 20,7 persen.

Bytedance, perusahaan pemilik Tiktok dan CapCut adalah perusahaan teknologi terbesar dunia yang belum masuk bursa saham. Menurut CB Insight, valuasi ByteDance mencapai US$140 miliar atau sekitar Rp 2.151 triliun.

Shopee beserta Facebook dan Messenger dari Meta melengkapi lima besar aplikasi seluler yang paling banyak diinstal di Asia Tenggara untuk bulan ini.

Lalu ada Instagram dan Telegram di posisi 6 dan 7 tanpa adanya peningkatan unduhan. Tiga posisi terbawah dari 10 daftar aplikasi paling banyak diunduh ada SnackVideo, Lazada dan Gotube.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Maaf Mark Zukcerberg, TikTok Tak Tertarik Tiru Facebook


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading