Waduh, Mobil Listrik Meledak di Tengah Banjir dan Badai

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
07 October 2022 14:15
Mobil rusak akibat tornado semalam yang muncul dari Badai Ian di komunitas Kings Point 55+ di Delray Beach, Florida, AS, Rabu (28/9/2022). Badai dengan kategori 4 ini memiliki kecepatan angin maksimum 150 mil per jam (240 kilometer per jam) ketika mendarat dan sudah menyebabkan gelombang badai bencana, angin dan banjir di semenanjung Florida. (Carline Jean/South Florida Sun-Sentinel via AP) Foto: Mobil rusak akibat tornado semalam yang muncul dari Badai Ian di komunitas Kings Point 55+ di Delray Beach, Florida, AS, Rabu (28/9/2022). Badai dengan kategori 4 ini memiliki kecepatan angin maksimum 150 mil per jam (240 kilometer per jam) ketika mendarat dan sudah menyebabkan gelombang badai bencana, angin dan banjir di semenanjung Florida. (Carline Jean/South Florida Sun-Sentinel via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bencana badai akibat angin topan Ian di Florida, Amerika Serikat memunculkan masalah baru soal mobil listrik. Ternyata, banyak mobil listrik yang terendam banjir berpotensi meledak.

Seorang pejabat tinggi negara bagian Florida, Kamis (6/10), mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran harus menangani banyak kebakaran akibat ledakan baterai mobil listrik.

Menurut Jimmy Patronis, CFO dan kepala petugas pemadam kebakaran Florida, ledakan baterai mobil listrik terjadi karena korosi pada baterai yang berhari-hari tergenang air.

"Ada banyak sekali EV yang dinonaktifkan dari Ian. Saat baterai itu terkorosi, kebakaran dimulai," cuit Patronis, dikutip dari FOX35 Orlando, Jumat (7/10/2022).

"Itu tantangan baru yang belum pernah dihadapi petugas pemadam kebakaran kami sebelumnya. Setidaknya dalam skala seperti ini." imbuhnya.

Menurutnya, dibutuhkan pelatihan dan pemahaman khusus tentang EV untuk memastikan kebakaran bisa cepat padam dengan aman.

Patronis juga mengunggah video petugas pemadam kebakaran di Naples, Florida, memerangi api yang dimulai dari baterai Tesla EV. Seorang pengamat terdengar dalam video yang mengatakan bahwa kru telah menggunakan ratusan galon air untuk mencoba memadamkan api.

Pekan lalu, Badai Ian menghantam kota-kota di sepanjang pantai barat Florida termasuk Naples dan Fort Myers, menjadikan pendaratan sebagai badai Kategori 4. Badai itu menyebabkan lebih dari 100 kematian dan lebih dari satu juta penduduk kehilangan aliran listrik.

Tidak jelas berapa banyak EV yang terkena dampak atau hancur oleh badai.

Di Indonesia, kasus mobil listrik terendam banjir baru saja terjadi. Salah satu korbannya adalah mobil merek Tesla, yang videonya viral karena terendam di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Melalui video singkat yang dibagikan akun Instagram @jktinfo, terlihat mobil listrik Tesla berwarna biru terendam hingga separuh kendaraan.

Dalam video tersebut tidak terlihat jelas model Tesla apa yang terendam banjir.

"Pantauan di TB Simatupang depan gedung JGC. Harap gunakan jalur alternatif," tulis akun tersebut, dikutip CNBC Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos Tesla di Singapura Dipecat, Kena Badai PHK?


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading