Heboh Elon Musk Pamer 'Manusia Buatan' Tesla Rp306 Juta

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 October 2022 20:30
Elon Musk (Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris) Foto: Elon Musk (Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini, CEO Tsla Inc. Elon Musk memamerkan prototipe robot humanoid bernama Optimus dalam ajang Tesla Al Day 2022 pada Jumat (30/9/2022).

Robot tersebut sebenarnya sudah diumumkan Musk pada gelaran Tesla AI Day tahun lalu. Tapi di event tersebut, prototipe robot Optimus belum siap dan Musk hanya memperkenalkan orang yang mengenakan kostum robot di atas panggung.



Setelah setahun berlalu, Tesla akhirnya memperlihatkan prototipe robot sungguhan yang bisa berjalan tanpa bantuan. Robot itu tampil 'telanjang' dengan semua kabel dan mekanismenya terlihat tanpa casing eksteriornya.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus dan membuktikannya," kata Musk pada acara AI Day yang diadakan di kantor Tesla di Palo Alto, California, Amerika Serikat, Jumat (30/9/2022).

Saat dipamerkan, Optimus mampu melakukan tugas-tugas sederhana seperti menyiram tanaman, membawa boks barang, hingga mengangkat potongan logam. Elon meyakini usai mendapatkan banyak langkah pemolesan, Optimus mampu masuk ke pembuatan massal dan dipasarkan di industri.

Robot itu bisa berjalan dengan sangat lambat di atas panggung sebelum melakukan gerakan tari sederhana. Musk mengatakan demonstrasi robot Optimus memang dibuat sederhana untuk memastikan robotnya tidak jatuh di atas panggung.

Tim Tesla juga memamerkan robot kedua yang dengan bodi yang sudah dirakit sepenuhnya, yang mungkin akan terlihat seperti produk akhirnya. Tapi robot kedua ini belum bisa berjalan dan harus didorong oleh tim Tesla ke atas panggung.

Setelah itu, Tesla juga memperlihatkan beberapa video klip yang menunjukkan robot Optimus melakukan pekerjaan manual seperti mengangkat kardus, menyiram tanaman, dan mengangkat kepingan logam di pabrik Tesla.

"Tujuan kami adalah membuat robot humanoid yang berguna secepat mungkin," kata Musk seperti dikutip dari Engadget, Minggu (2/10/2022).

"Dan kami juga merancangnya menggunakan prinsip yang sama seperti yang kami gunakan untuk merancang mobil, yaitu untuk membuat robot dengan volume tinggi dengan biaya rendah dan bisa lebih diandalkan," sambungnya.

Robot Tesla dilengkapi dengan baterai 2,3 kWh yang diklaim bisa bertahan hingga seharian. Robot ini diotaki oleh chipset Tesla, serta mendukung konektivitas via Wi-Fi dan LTE.

Tesla merancang robot ini untuk bisa mengangkat beban hingga 9 kilogram. Untuk mendukung pergerakannya, Tesla menyisipkan teknologi Autopilot seperti yang ada di mobilnya, tapi dipermak agar sesuai dengan tubuh dan lingkungan barunya.

Musk tidak mengungkap kapan Tesla akan memproduksi robot Optimus secara massal. Tapi orang terkaya di dunia ini sudah memasang target menjual jutaan robot Optimus dengan harga mulai dari US$ 20.000 (Rp 306 jutaan).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Batalkan Rencana Pecat 10% Karyawan Tesla, Tapi..


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading