'Tsunami' PHK Hantam Raksasa RI, 3 Perusahaan Dalam Seminggu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 September 2022 07:25
Salah satu fasilitas yang dihadirkan di Kampus UMKM Ekspor Solo (Tangkapan Layar) Foto: Salah satu fasilitas yang dihadirkan di Kampus UMKM Ekspor Solo (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam waktu satu minggu, tiga perusahaan besar dari sektor berbeda di Indonesia mengumumkan memangkas pekerjanya. Mulai dari Shopee, Tokocrypto, dan Indosat semua mengumumkan melakukan PHK sepanjang pekan lalu.

Shopee Indonesia mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan alasan sebagai langkah efisiensi. Tidak disebutkan jumlah pasti yang terdampak, namun berdasarkan informasi yang didapatkan CNBC Indonesia karyawan yang dirumahkan sebanyak 3% dari jumlah seluruhnya 6.232 orang.

Keputusan PHK ini dilakukan sebagai langkah terakhir, setelah Shopee melakukan penyesuaian lewat sejumlah perubahan kebijakan bisnis.

Seemnetara itu Tokocrypto, platform pedagang aset kripto, mengumumkan memangkas sekitar 20% dari jumlah 227 karyawannya. Alasannya adalah mempertimbangkan perubahan fokus bisnis perusahaan.

VP Corporate Communications Tokocrypto Rieka Handayani menjelaskan keputusannya adalah hasil analisis dan prediksi yang dilakukan manajemen. Yakni untuk mengantisipasi kondisi pada pasar kripto dan ekonomi global yang berkepanjangan.

"Langkah internal yang diambil adalah mentransfer beberapa karyawan kepada bisnis unit yang telah menjadi entitas berbeda yaitu T-Hub dan TokoMall, penyesuaian jumlah karyawan sekitar 20% dari 227 karyawan dengan pertimbangan perubahan fokus bisnis," kata Rieka dalam keterangan tertulis.

Keputusan PHK juga harus ditempuh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Dalam keterangan tertulis pada Jumat (23/9/2022), ada 95% dari karyawan yang terdampak menerima tawaran perusahaan. Perusahaan tidak memerinci jumlah karyawan yang dirumahkan.

IOH menawarkan paket kompensasi bagi mereka yang terdapak. Yakni mulai dari rata-rata 37 kali upah dan maksimal mencapai 75 kali upah.

"Inisiatif rigthsizing berjalan lancar sesuai rencana dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar karyawan yang terkena dampak. Prosesnya sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan telah dilakukan dengan pertimbangan matang, yang dilakukan secara objektif dan fair," ujar Director & Chief of Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Taipan, Investor Gojek, hingga Eks Menteri Bicara PHK Startup


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading