Gibran Bilang Shopee Mau Tambah 1.000 Pegawai di Solo

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
21 September 2022 18:10
Pemerintah Kota Solo bersama dengan Shopee Indonesia menandatangani kesepakatan guna mengembangkan potensi dan mencetak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang siap menembus pasar ekspor. Ist Foto: Pemerintah Kota Solo bersama dengan Shopee Indonesia menandatangani kesepakatan guna mengembangkan potensi dan mencetak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang siap menembus pasar ekspor. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan. Keputusan tersebut merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh, setelah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," kata Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira dalam keterangan tertulis.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan keputusan itu tidak berdampak pada perwakilan Shopee di Solo.


"Kemarin sudah dapat kabar, ada perampingan sedikit, tapi Solo enggak," ujar Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, dikutip dari detikJateng, Rabu (21/9/2022).

Sebagai informasi, Shopee memiliki tiga kantor di Solo, yakni di Solo Paragon Mall, Kampus UMKM Ekspor, dan satu Shopee Creative and Innovation Hub di Solo Technopark (STP).

Gibran justru menyebut Shopee Creative and Innovation Hub di STP bakal menambah 1.000 karyawan setelah gedung baru STP selesai dibangun.

"Yang di STP malah mau merekrut seribu karyawan. [Yang di Solo Paragon] sampai saat ini masih aman," ujarnya.

Tidak disebutkan berapa yang terdampak PHK ini. Namun, menurut informasi yang CNBC Indonesia dapatkan, ada sekitar 3% karyawan yang dirumahkan di Shopee Indonesia dari total 6.232 orang karyawan.

PHK karyawan Shopee Indonesia bukan menjadi kabar yang mengejutkan, sebab secara global Shopee sudah melakukan PHK di berbagai negara.

Gonjang-ganjing soal PHK Shopee secara global sudah mulai berhembus sejak Juni tahun ini, di mana Shopee dilaporkan akan melakukan PHK skala besar di beberapa pasar utama, termasuk Indonesia.

Saat dihubungi pada Juni lalu, Shopee Indonesia mengaku bahwa langkah penyesuaian bisnis Shopee global tidak melibatkan operasional di dalam negeri.

"Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia," kata Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, dalam keterangan resminya.


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading