Terungkap! Bos Unicorn Beberkan Penyebab Startup Gagal di RI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 September 2022 08:45
foto : Freepik Foto: Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak faktor kegagalan bisnis startup di Indonesia. Mulai dari adanya ketidakcocokan pasar dengan produk hingga tim yang tidak harmonis.

Co-Founder sekaligus CMO Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan bahwa banyak pendiri startup hanya memikirkan cara mendapatkan investasi saat merintis perusahaannya.

"Bisnis pada dasarnya menciptakan nilai yang orang ingin beli, ingin bayar. Dan untuk itu sebagai gantinya, perusahaan mendapatkan keuntungan dari mereka," ungkapnya.


Dan investasi atau suntikan dana ini bisa menjadi jebakan. Jika founder menilai bahwa kegagalan mengumpulkan pendanaan, itu berarti mereka gagal.

"Ini bukan gagal. Anda gagal jika tidak ada yang benar-benar membeli produk dari semua layanan yang sudah dibangun," tegasnya.

Hal serupa diungkap oleh CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara. Menurutnya, para pendiri perlu tahu apa yang benar-benar harus ada di perusahaan yang mereka dirikan.

Seorang pendiri perlu melihat ke belakang, kembali ke tujuan mendasar, bisnis inti, pengguna, potensi pasar, dan model apa yang tepat untuk startup itu bisa bertumbuh.

"Terkadang semua karya teknologi atau produk ini mungkin tidak bergerak. Jadi, Anda hanya perlu memahami pelanggan dengan lebih baik." tuturnya.

Sementara itu, CB Insights dalam laporannya juga mengungkapkan 20 alasan kegagalan startup. Alasan paling banyak dipilih adalah mengenai tidak ada kebutuhan pasar.

Ada juga alasan lain seperti kalah dalam kompetisi, kehilangan fokus hingga produk yang diluncurkan oleh perusahaan dilakukan pada saat yang tidak tepat. Selain itu juga ada alasan terkait tidak ada ketertarikan dari para investor.

Alasan startup gagal

Berikut 20 alasan kegagalan startup dari CB Insights:


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata Ini Biang Kerok Bisnis Startup Bisa Gagal di RI


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading