Banyak Janggal, Netizen Ungkap Identitas Asli Bjorka Warga RI

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
14 September 2022 09:45
Bjorka (Tangkapan Layar via Twitter @bjorkanisme) Foto: Bjorka (Tangkapan Layar via Twitter @bjorkanisme)

Jakarta, CNBC Indonesia - Keberadaan dan identitas Bjorka masih menjadi pertanyaan banyak orang. Namun, perlahan banyak yang mencoba mengungkap siapa sebenarnya orang di balik Bjorka.

Turut menanggapi keberadaan Bjorka, akun Instagram @volt_anonym ia mengungkap dugaan Bjorka adalah seorang bernama Muhammad Said Fikriansyah.

Akun tersebut menunjukkan bahwa data yang diambil dan disebar oleh Bjorka hanyalah salinan dari pencurian data yang lain.

"Data yang katanya 133M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja dan itu pun di copy sehingga banyak data yang sama seolah-olah data yang dia curi sebanyak 133M padahal cuma 200 an. Ini sama saja data dump (sampah) yang sudah banyak kadaluarsa. Ngaku gak lu!!! @muhammadsaidfikriansyah. Data lu sama data bjorka sama," tulis akun @volt_anonym, dikutip Rabu (14/9/2022).

Nama Bjorka belakangan memang membuat heboh dunia maya. Ia membongkar satu persatu data para pejabat dan lembaga publik maupun pemerintah.

Dimulai dari 26 juta data pelanggan Indihome. Namun untuk kasus ini, perwakilan Telkom Group menyatakan, bahwa data-data yang bocor tidak valid dan merupakan hasil fabrikasi. Menurut Ahmad Reza, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Telkom tidak menggunakan email @telkom.net, baik untuk kepentingan perusahaan maupun layanan bagi pelanggan.

Ia juga melakukan doxing kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate. ada akhir pekan lalu, di tengah momen ulang tahun Menkominfo, Bjorka berulah memanfaatkan kesempatan.

Johnny diketahui berulang tahun pada Sabtu (11/9/2022). "Happy birthday," tulis Bjorka di grup telegram Bjorkanism.

Berbarengan dengan itu, Bjorka melampirkan sejumlah data pribadi yang diduga milik Johnny. Data tersebut antara lain NIK, nomor Kartu Keluarga, alamat, nomor telepon, nama anggota keluarga, hingga ID Vaksin.

[Gambas:Instagram]




[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hacker Bjorka "Gentayangan", Pejabat Hingga Istana "Dicolek"


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading