Jejak Digital Bjorka Terlacak, Pemerintah Bisa Menemukannya?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
14 September 2022 10:45
INFOGRAFIS, Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa Foto: Ilustrasi/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Hacker Bjorka tengah dicari karena menjajakan sejumlah data pribadi dari pelanggan PLN, data registrasi kartu SIM, hingga data para pejabat publik.

Menyoal siapa orang di balik akun Bjorka, Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi, mengatakan tidak akan mudah untuk menemukannya. Sebab jika hacker sudah berani tampil di media sosial, artinya ia sudah menyiapkan diri agar tidak terlacak.

"Ndak mudah, karena kalau ada hacker yg berani tampil di medsos, artinya sudah menyiapkan diri biar tidak terlacak," kata Ismail kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/9/2022).

Nama Bjorka muncul terkait peretasan data dari Indonesia sejak Agustus lalu. Kemunculannya, termasuk pernyataan-pernyataannya, diketahui lewat situs forum breached.to. Selebihnya, sosoknya tentu saja misterius.

Ia mengungkap motif atas aksi peretasan tersebut sebagai bentuk demonstrasi di era yang baru. Dia juga mengaku, aksi peretasan dilakukan sebagai bentuk dedikasi untuk kawannya yang berkebangsaan Indonesia di Warsawa, Polandia.

"I have a good indonesian friend in Warsaw, and he told me a lot about how messed up indonesia is, i did this for him," tulis Bjorka. Artinya, "Saya punya teman orang Indonesia yang baik di warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. aku melakukan ini untuknya."

Ia juga sempat men-tweet dengan nada satire, bahwa ia menganggap negara ini sudah terlalu lama dijalankan secara sewenang-wenang dan tanpa perlawanan.

Bjorka bilang, banyak hal yang salah dilakukan oleh pemerintah, contohnya seperti kritik yang dilakukan oleh pemerintah namun ditutup secara permanen.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hacker Bjorka "Gentayangan", Pejabat Hingga Istana "Dicolek"


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading