Ini 6 Data yang Jadi Favorit Incaran Para Hacker Dunia

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
09 September 2022 10:40
Infografis, Hati-Hati, 6 Data Kamu Ini yang jadi Buruan Hacker Foto: Infografis/Hacker/Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Data kini menjadi isu penting yang harus dijaga. Sebab ada saja ulah para hacker yang mengincar data tersebut.

Para hacker merampok data tersebut untuk kemudian dijual atau digunakan kepentingan lainnya. Pegiat keamanan siber @deyanbunayya menjelaskan ada 6 data pribadi yang diburu peretas lalu dijual, berikut daftarnya:

1. Identitas pribadi

Ini terdiri dari nama korban, tanggal lahir, alamat, serta nomor telepon. Ada banyak kejahatan yang bisa dimanfaatkan jika data-data tersebut jatuh ke tangan para peretas, misalnya menggunakan aplikasi pinjaman online (pinjol) untuk meminjam tanpa sepengetahuan korbannya.

2. Informasi Keuangan

Data di dalamnya termasuk informasi nasabah, nomor rekening, asuransi, nomor kartu kredit, hingga aset yang dimiliki korbannya. Data tersebut digunakan untuk menipu, kejahatan carding, serta pemerasan.

3. Informasi Kesehatan

Informasi kesehatan juga penting bagi para hacker. Ini terdiri dari riwayat medis, asuransi kesehatan, informasi pasien, hingga transaksi obat-obatan. Informasi ini bisa disalahgunakan untuk melakukan tindakan kejahatan lainnya, seperti membeli obat ilegal atau klaim asuransi.

4. Informasi Pendidikan

Bukan hanya terkait data pribadi saja, namun informasi pendidikan korban ternyata diincar para peretas. Yakni seperti transaksi nilai, ijazah, biodata korban, dan ini diambil untuk menipu orang lain.

5. Kartu Pembayaran

Informasi terkait kartu pembayaran mulai dari nomor kartu kredit atau debit, expired data dan nomor CVV. Untuk data terakhir sangat penting dirahasiakan, tiga nomor terakhir merupakan cara verifikasi saat transaksi.

6. Data log-inĀ akun

Ini termasuk email dan password saat autentikasi akun. Data tersebut dapat digunakan untuk melakukan pembelian mengatasnamakan korban hingga menipu orang lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Yakin Data Pribadi Anda Aman di Internet? Coba Tes ini!


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading