20 Pekerjaan yang Takkan Diganti Robot, Siap Ganti Profesi?

Tech - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
03 September 2022 21:30
Robot 5G di pertemuan keempat Digital Economy Working Grop (4th DEWG) Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Robot 5G di pertemuan keempat Digital Economy Working Grop (4th DEWG) Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyerapan angka tenaga kerja untuk sejumlah profesi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan bahkan terancam punah. Hal ini terjadi seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat dan dapat dikerjakan oleh sebuah robot.

Meski begitu, saat robot masuk dunia kerja, akan timbul banyak permintaan atas pekerjaan baru. Laporan Future of Jobs Report 2020 dari World Economic Forum menyebut akan ada 85 juta pekerjaan yang tergeser dari manusia ke mesin pada 2025, sementara di saat bersamaan ada 97 juta peran baru yang muncul.

"Jangan panik. Laporan itu memang memprediksi robot akan mencuri pekerjaan kita, tetapi lebih banyak peran yang terbuka atas pergeseran ini, 97 juta tepatnya. Ini menjadi pekerjaan di masa depan dan itu adalah kesempatan terbaik khususnya bagi profesional di awal karir," tulis laman Harvard Business Review, dikutip Sabtu (3/9/2022).

Selain itu, laman tersebut juga menuliskan 20 besar peran yang bertambah dan berkurang permintaannya di seluruh industri. Ini berdasarkan laporan yang sama dari World Economic Forum.

Pada pekerjaan yang bertambah permintaan, kebanyakan mencari spesialis di bidang teknologi. Termasuk juga mencari di bidang machine learning serta otomasi.

Artinya meski ada robot dan mesin yang mengambil alih beberapa tugas, perusahaan tetap membutuhkan seseorang untuk mengoperasikan atau membetulkan mesin tersebut.

Berikut daftar pekerjaan tersebut:

1. Analis data dan ilmuwan data

2. Spesialis AI dan machine learning

3. Spesialis big data

4. Spesialis digital marketing dan strategi

5. Spesialis proses otomasi

6. Profesional pengembangan bisnis

7. Spesialis transformasi digital

8. Analis keamanan informasi

9. Pengembang software dan aplikasi

10. Spesialis internet of things (IoT)

11. Manajer proyek

12. Manager layanan dan administrasi bisnis

13. Profesional database dan jaringan

14. Teknisi robotik

15. Penasihat strategi

16. Analis manajemen dan organisasi

17. Ahli fintech

18. Mekanik dan tukang reparasi mesin

19. Spesialis pengembangan organisasi

20. Spesialis manajemen risiko.

Artikel Selanjutnya

10 Profesi Manusia yang Terancam Punah Digantikan oleh Robot


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading