Perang Lawan Berita Bohong, WhatsApp Blokir 2,4 Juta Akun

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 September 2022 18:00
Logo Whatsapp dark Mode Foto: Logo Whatsapp dark Mode

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp mengumumkan hampir 2,4 juta akun di India diblokir pada Juli lalu. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang tahun 2022.

Jumlah akun yang diblokir selama 1 hingga 31 Juli 2022 lalu sebanyak 2.387.000 akun. Dari jumlah tersebut, 1,42 juta di antaranya telah diblokir sebelum ada laporan dari pengguna platform tersebut, dikutip Reuters, Jumat (2/9/2022).

Sebagai informasi WhatsApp memblokir akun-akun pengguna dengan beberapa cara. Salah satunya melalui keluhan pengguna yang disampaikan melalui kanal pengaduan perusahaan.

Selain itu, WhatsApp juga menyediakan alat dan sumber daya dalam rangka mendeteksi pelanggaran di dalam platform.

Selama bulan Juli lalu, platform pesan instan milik Meta menerima total 574 laporan pengaduan. Sementara itu jumlah akun yang dihapus sebulan sebelumnya di India sebanyak 2,21 juta.

WhatsApp telah mendapatkan kritikan keras sebelumnya. Sebab platform dianggap menyebarkan berita palsu dan juga ujaran kebencian di India.

Sementara itu, undang-undang teknologi informasi di India mengharuskan raksasa teknologi menerbitkan laporan kepatuhan. Laporan tersebut harus diterbitkan setiap bulannya.

Rancangan aturan yang beredar bulan Juni lalu meminta adanya panel untuk mendengarkan banding. Selain itu juga platform media sosial yang signifikan bisa mengidentifikasi pencetus informasi pertama jika diarahkan pengadilan untuk melakukannya.

Artikel Selanjutnya

Perhatian! Whatsapp Anda Bisa Dihapus Jika Kirim Konten Ini


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading