Ngeri! NASA Dengar Suara 'Jeritan' dari Lubang Hitam

Tech - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
27 August 2022 07:00
This image released Wednesday, April 10, 2019, by Event Horizon Telescope shows a black hole. Scientists revealed the first image ever made of a black hole after assembling data gathered by a network of radio telescopes around the world. (Event Horizon Telescope Collaboration/Maunakea Observatories via AP) Foto: Black Hole (Event Horizon Telescope Collaboration/Maunakea Observatories via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - NASA membagikan audio gelombang suara yang telah diekstraksi oleh para astronom dari lubang hitam di pusat klaster galaksi Perseus pada pekan lalu. Suara dari lubang hitam yang terdengar misterius dan seram tersebut kemudian diperkuat dan digabungkan dengan data lain.

NASA mengklarifikasi, audio yang terdengar menyeramkan tersebut dibuat dengan tak sengaja Namun suara yang kita dengar dari audio tersebut, sudah diperkuat dan ada suara lain yang ditafsirkan dari data cahaya.

"Salah satu motivasi untuk membuat sonifikasi data semacam itu adalah keinginan untuk berbagi ilmu dengan lebih banyak orang," kata NASA, dikutip Sabtu (27/8/2022).

Seperti dilansir Science Alert, lubang hitam di pusat Perseus telah dikaitkan dengan adanya suara sejak tahun 2003.

Saat itu para astronom menemukan bahwa gelombang tekanan yang dipancarkan dari lubang hitam menyebabkan riak-riak di gas panas cluster yang dapat diterjemahkan ke dalam sebuah catatan.

Ketika NASA pertama kali merilis audio lubang hitam pada Mei lalu, nadanya terlalu rendah untuk didengar manusia, sekitar 57 oktaf di bawah C tengah.

NASA kemudian mensintesis ulang gelombang suara ke dalam jangkauan pendengaran manusia dengan menskalakannya puluhan oktaf di atas nada sebenarnya.

Proses itu juga menambahkan lebih banyak catatan dengan menerjemahkan data astronomi menjadi suara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kalau Kamu Kirim Pesan Untuk Pacar, NASA Untuk Alien


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading