Telkom Resmikan NeuCentrIX Sepaku & Digital Community Center

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
19 August 2022 09:03
Telkom Resmikan NeuCentrIX Sepaku & Digital Community Center Foto: Dok Telkom

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) secara resmi telah menghadirkan Digitalisasi Kawasan Sepaku IKN. Hadirnya inovasi ini ditandai dengan peresmian Micro Edge DC neuCentrIX serta implementasi infrastruktur dan Digital Community Center Desa Bukit Raya.

Hal ini dilakukan Telkom dalam rangka mendukung percepatan pengembangan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) khususnya dalam aspek teknologi informasi dan telekomunikasi.

Komisaris Utama Telkom, Bambang Brodjonegoro mengatakan peresmian neuCentrIX Sepaku dan Desa Digital ini merupakan upaya TelkomGroup untuk mengembangkan digitalisasi. Menurutnya data center ini bukan hanya untuk perusahaan teknologi maupun telekomunikasi, namun lebih ke membantu perekonomian lokal melalui UMKM.


"Karena UMKM masa depan hanya bisa naik kelas kalau masuk ke era digital, salah satunya didukung oleh digital platform," ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8/2022).

neuCentrIX Sepaku merupakan micro edge data center untuk mendukung pengembangan ekosistem digital di kawasan IKN. Data center ini menjadi bagian dari ekosistem data center nasional yang tersebar menjadi 7 klaster di seluruh Indonesia.

Data center di IKN ini akan terintegrasi ke dalam jaringan Telkom dan Data Center lainnya, juga terhubung dengan kabel bawah laut global di timur dan barat Indonesia untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan dan pelaku bisnis, termasuk edge computing, platform, dan layanan digital lainnya.

Sementara itu, untuk mengembangkan masyarakat digital dan mengantisipasi terjadinya kesenjangan digital di kawasan IKN nantinya, Telkom mengimplementasikan pemanfaatan infrastruktur dan ekosistem digital untuk masyarakat Sepaku.

Implementasi itu meliputi Smart Village Nusantara melalui Sistem Pelayanan Desa, Monitoring dan Evaluasi, Digital Community Center Desa Bukit Raya, teknologi Augmented Reality untuk mendukung promosi produk UMKM di Desa Bukit Raya, Virtual Tour Titik Nol IKN dan 3D Design untuk pengembangan Kawasan wisata Bukit Bangkirai.

Secara umum, penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang disediakan TelkomGroup untuk IKN mencakup penyediaan jaringan serat optik dan layanan fixed broadband, jaringan nirkabel (seluler 4G/5G, satelit dan Starlink, WiFi-6), serta jaringan backbone dan transport yang saling terhubung dari IKN hingga gateway internasional Batam dan Manado.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono pun mengapresiasi dukungan digitalisasi yang dilakukan TelkomGroup. IKN yang mengangkat konsep 3D yakni desain, dekarbonasi, dan digitalisasi menurutnya akan menjadi kota cerdas dengan intelligent transport system, building smart system, smart energy, dan berbagai kemudahan digitalisasi

"IKN adalah city for all yang menunjukkan semangat Bhinneka dan Indonesia sehingga menjadi kewajiban kita semua untuk mengembangkannya," imbuhnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Percepat Digitalisasi, Telkom Bangun Data Center & Cloud


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading