Cara Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop, Mudah!

Tech - Tim, CNBC Indonesia
02 August 2022 16:40
Infografis: Mode Liburan Hingga 'Always Mute' Ini 5 Fitur WhatsApp Baru! Foto: Infografis/Mode Liburan Hingga 'Always Mute' Ini 5 Fitur WhatsApp Baru!/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp menjadi aplikasi pesan terpopuler yang dipilih banyak orang karena memberikan banyak kemudahan, termasuk pilihan perangkat untuk mengaksesnya. Selain smartphone, Anda bisa mengakses WhatsApp via web atau desktop. Jangan bingung, begini cara download WhatsApp Web terbaru untuk desktop yang bisa Anda instal di laptop hingga komputer.

WhatsApp bisa diakses via komputer agar tetap memudahkan Anda berkomunikasi ketika sedang menuntaskan tugas kantor atau urusan sekolah. Jadi, Anda tak perlu repot bolak-balik cek HP karena semuanya bisa langsung dilakukan dengan mudah menggunakan WhatsApp Web.

Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Selain WhatsApp Web, ada juga yang disebut dengan WhatsApp Desktop. Anda mungkin mengira keduanya adalah hal yang identik. Meski mirip, WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop punya beberapa perbedaan yang terlihat jelas. Berikut beberapa perbedaan utama WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop:

1. Cara Akses

Pertama, cara akses WhatsApp Web dan desktop berbeda. Sesuai namanya, WhatsApp Web bisa langsung diakses menggunakan browser pilihan Anda. Sementara, WhatsApp Desktop adalah aplikasi yang perlu Anda download dan instal sebelum digunakan di komputer.

2. Fitur Panggilan

Perbedaan paling krusial adalah fitur panggilan suara dan video call. Pengguna WhatsApp Web tidak bisa menikmati fitur ini. Sementara, update yang diberikan pada aplikasi WhatsApp Desktop kini sanggup mendukung panggilan suara dan video call yang membuat Anda tak perlu repot membuka smartphone.

3. Tampilan

Sementara, dari segi tampilan ada sedikit perbedaan yang sebenarnya tidak terlalu signifikan. Pada WhatsApp Desktop, Anda disuguhkan tampilan layar yang penuh karena ini merupakan sebuah aplikasi. Sementara, pengguna WhatsApp Web tidak bisa menampilkan layar secara penuh karena dibuka melalui browser dan tidak bisa diperkecil (minimize) seperti versi desktop.

Cara Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop

Setelah paham pengertian WhatsApp Web dan perbedaannya dengan WhatsApp Desktop, Anda seharusnya sudah punya pilihan ingin menggunakan yang mana demi menunjang kebutuhan harian. Jika Anda berencana menggunakan versi aplikasi, berikut cara download WhatsApp Web terbaru untuk desktop:

1. Cara Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop di Windows

  • Buka browser di laptop atau komputer Anda, boleh Google Chrome, Safari, atau Mozilla Firefox
  • Masuk ke situs whatsapp.com/download/
  • Pada halaman awal situs tersebut, klik "Unduh untuk Windows"
  • Tunggu beberapa saat hingga file aplikasi WhatsApp Desktop untuk Windows berformat ".exe" berhasil terunduh
  • Buka file tersebut di folder unduhan dan lanjutkan dengan proses instalasi.

2. Cara Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop di Mac

  • Buka browser di Mac
  • Kunjungi situs whatsapp.com/download/, lalu pilih "Unduh untuk MacOS"
  • Tunggu proses download selesai dengan format file ".dmg"
  • Setelah itu, buka file di folder unduhan dan lakukan pemasangan WhatsApp Desktop pada perangkat Anda.

Syarat Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop

Menurut penjelasan di situs resmi WhatsApp, tidak semua perangkat bisa download dan instal WhatsApp Web terbaru untuk desktop. Ada syarat tertentu untuk menggunakan aplikasi ini. WhatsApp Desktop hanya akan berjalan di komputer yang memenuhi persyaratan sistem operasi berikut ini:

  • Windows 8.1 atau yang lebih baru
  • macOS 10.11 atau yang lebih baru

Cara Pakai WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

1. Cara Pakai WhatsApp Web

Untuk membuka WhatsApp melalui WhatsApp Web, Anda memerlukan akses ke browser, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari. Berikut langkah-langkahnya:

* Buka aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, atau yang lainnya
* Kunjungi situs web.whatsapp.com
* Buka aplikasi WhatsApp di HP, lalu klik ikon titik tiga pada Android atau setting pada iOS
* Pilih "tautkan perangkat" atau "link device"
* Arahkan kamera smartphone ke QR code yang ada di layar website WhatsApp Web
* Tunggu hingga proses pindai QR code selesai dan muncul keterangan "end-to-encryption" di perangkat
* Jika proses sinkronisasi sudah selesai, halaman utama WhatsApp akan muncul di komputer Anda.

2. Cara Pakai WhatsApp Desktop

Jika perangkat Anda memenuhi syarat untuk menginstal WhatsApp Desktop, silahkan download terlebih dahulu aplikasinya dengan mengikuti panduan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Setelah terinstal, aplikasi WhatsApp Desktop akan tampil di desktop perangkat Anda
  • Buka aplikasinya dan pindai QR code, caranya sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya
  • Setelah proses pindai QR code dan sinkronisasi selesai, Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp Desktop.

Fitur Tersembunyi WhatsApp Web

Banyak orang yang sering menggunakan WhatsApp Web, tapi mungkin belum tahu beragam fitur tersembunyi yang dapat mempermudah aktivitas chatting Anda. Berikut deretan fitur tersembunyi WhatsApp Web yang perlu Anda coba:

1. Membaca Pesan Tanpa Ketahuan

WhatsApp punya fitur centang dua biru untuk menandai pesan yang telah dibaca. Fitur ini bisa dimatikan, tapi di WhatsApp Web bisa dilakukan dengan cara lain. Caranya, buka chat di WhatsApp Web dan buka file Notepad atau window lain dan ubah ukurannya. Dengan begitu, Anda bisa melihat chat di latar belakang.

Selanjutnya klik Notepad dan pastikan kursor berada di sana sehingga komputer mengira Anda sedang bekerja di window yang berbeda. Pesan akan berada di window latar belakang dan bisa dibaca tanpa diketahui.

2. Menggunakan Beberapa Akun di Komputer yang Sama

Anda juga bisa menggunakan beberapa akun pada komputer yang sama. Caranya tinggal membuka window penyamaran (incognito) atau browser berbeda dan menggunakannya secara bersamaan. Selain itu, Anda juga bisa membuka tab baru dan mengetik dyb.web.whatsapp.com.

3. Mengatur Volume dan Kecepatan Pemutaran Audio

WhatsApp Web menyediakan fitur tersembunyi lainnya untuk mengatur audio. Ini bisa dilakukan dengan ekstensi Chrome yang disebut dengan Zapp, Anda bisa menyesuaikan volume pesan audio serta mengubah kecepatan pemutaran.

4. Tak Perlu Online di HP dan Bisa Multi Device

WhatsApp juga meluncurkan fitur baru agar akun bisa tetap digunakan di komputer meski tak terhubung dengan smartphone utama. Akun yang sama juga bisa digunakan di empat perangkat non ponsel lain secara bersamaan. Cara untuk mengaktifkannya adalah buka aplikasi lalu menuju ke menu opsi dan klik "Linked Devices". Pilih menu "Multi-device beta" dan "join now".

Tombol Rahasia WhatsApp Web

WhatsApp Web juga punya tombol rahasia yang bisa membantu Anda semakin nyaman untuk bertukar pesan dengan pengguna lain. Tombol rahasia ini bisa digunakan untuk membuat tulisan miring, membuat grup percakapan baru, hingga menghapus pesan. Berikut daftar tombol rahasia WhatsApp Web:

  • Ctrl + Alt + Shift + U : menandai pesan belum dibaca
  • Ctrl + Alt + E : mengarsipkan pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + P : menyematkan pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + F : mencari pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + N : membuat grup baru
  • Ctrl + Alt + , : membuka pengaturan
  • Ctrl + Alt + Shift + M : matikan notifikasi pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + Backspace : menghapus pesan
  • Ctrl + Alt + / : mencari pesan di daftar obrolan
  • Ctrl + Alt + N : memulai pesan baru
  • Ctrl + Alt + P : membuka profil
  • Shift + Enter : membuat baris baru di chat

Selain tombol rahasia WhatsApp Web, ada juga trik mencari emoji. Menggunakan trik ini akan mempermudah Anda mencari dan mengirim emoji di WhatsApp Web. Berikut langkah-langkahnya:

  • :kata kunci emoji. Ini untuk mencari emoji dengan cepat (contoh :smile)
  • _kata_ : membuat kata yang dikirimkan menjadi miring
  • *kata* : membuat kata yang dikirimkan menjadi tebal
  • ~kata~ : membuat kata yang dikirim dicoret.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara download WhatsApp Web terbaru untuk desktop. Jadi, Anda bisa tentukan apakah ingin menggunakan WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop untuk menunjang produktivitas. Semoga bermanfaat!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cara Kirim WhatsApp Meski HP Mati & Kuota Internet Habis


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading