Derita Tiada Akhir Netflix, Kehilangan Pelanggan PHK Karyawan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 June 2022 09:40
This July 17, 2017, photo shows a Netflix logo on an iPhone in Philadelphia. (AP Photo/Matt Rourke) Foto: Netflix AP/Matt Rourke

Jakarta, CNBC Indonesia - Nasib buruk Netflix belum berakhir. Setelah mengalami kehilangan pelanggan, platform streaming itu kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dalam laporan Variety, Netflix disebut memangkas 300 karyawannya pada hari Kamis lalu. PHK terjadi di sejumlah fungsi bisnis perusahaan, dan sebagian besar terjadi di Amerika Serikat (AS).

Pihak Netflix mengonfirmasi kabar PHK itu. Menurut juru bicara Netflix, perusahaan berusaha melakukan penyesuaian sehingga bisa bertumbuh.

"Sementara kami terus berinvestasi secara signifikan dalam bisnis ini, kami melakukan penyesuaian ini sehingga biaya tumbuh sejalan dengan pertumbuhan pendapatan kami yang lebih lambat. Kami sangat berterima kasih atas semua yang telah dilakukan untuk Netflix dan bekerja keras mendukung mereka melalui transisi yang sulit ini," kata juru bicara Netflix, dikutip Senin (27/6/2022).

Kabar ini tak berselang lama sejak Netflix memberhentikan 150 karyawan dan puluhan kontraktor, serta pekerja paruh waktunya pada bulan Mei.

Setelah itu, perusahaan mengindikasikan akan lebih banyak PHK di masa datang karena perusahaan mencoba menyesuaikan harga saham yang melemah.

Netflix juga mengabarkan kehilangan 200 ribu pelanggan pada kuartal I/2022. Diramalkan jumlah itu berkurang 2 juta pelanggan lagi pada kuartal II/2022.

Sejak pengumuman penurunan pelanggan, Netflix kehilangan nilainya hampir 70%. Sementara dalam pendapatan terbarunya, raksasa streaming itu berkomitmen memotong biaya untuk mempertahankan marginnya di 20% dan masih berencana membelanjakan anggaran US$17 miliar pada 2022 untuk konten pertunjukan dan film.

Menurut Netflix, penurunan jumlah pelanggan berasal dari perang Rusia dan Ukraina, pandemi Covid-19, dan kebiasaan berbagi password antarpengguna.

Netflix juga menyiapkan beberapa inisiatif sebagai upaya mendorong jumlah pelanggan dan pendapatan. Salah satunya mulai melakukan siaran langsung dan meluncurkan game baru dalam aplikasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Netflix Apes, Gegara Ini 'Rugi' Rp717,5 T dalam Semalam


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading