Ramai PHK Global, Startup Kripto Lokal Malah Rajin Rekrut

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
15 June 2022 10:40
Infografis, Pergerakan Harga Emas Sepekan Foto: Infografis/ Pergerakan Harga Emas Sepekan/ Edward Ricardo Sianturi

Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan kabar PHK karyawan menerjang startup, tak terkecuali yang ada di industri kripto. Beberapa startup kripto global memilih untuk mengambil keputusan tersebut. Lalu bagaimana dengan lokal?

CEO Indodax, Oscar Darmawan, mengatakan, di Indonesia pertumbuhan iklim investasi kripto dan blockchain sedang baik.

Pemerintah sangat membuka diri dengan alternatif investasi ini terutama dengan pemanfaatan teknologi blockchain dan turunannya seperti NFT serta metaverse untuk kepentingan industri.


CEO Indodax Oscar DarmawanFoto: Dok Indodax
CEO Indodax Oscar Darmawan
Indodax bahkan sedang melakukan banyak recruitment talent baruCEO Indodax Oscar Darmawan

"Jadi harapannya industri dalam negeri tidak ada yang terkena gelombang PHK ini," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (15/6/2022).

Sebagai salah satu pelaku industri, Indodax sangat optimistis mereka akan terus bertumbuh mengingat peminat investasi ini juga kian tumbuh.

"Sebagai tambahan informasi, Indodax bahkan sedang melakukan banyak recruitment talent baru agar kami bisa memperluas bisnis kami," tuturnya.

PHK terjadi pada pelaku industri kripto. Terbaru ada Coinbase yang akan memangkas sekitar 1.100 orang atau 18% dari tenaga kerjanya.

Pasar kripto telah diguncang oleh volatilitas ekstrem karena investor membuang aset berisiko di tengah kekhawatiran inflasi yang lebih tinggi akan memaksa Federal Reserve AS berubah lebih agresif dalam menaikkan suku bunga dan mengarahkan ekonomi ke dalam resesi.

"Kami tampaknya memasuki resesi setelah ledakan ekonomi 10+ tahun. Resesi dapat menyebabkan musim dingin kripto lainnya, dan dapat berlangsung untuk waktu yang lama," kata Chief Executive Officer Brian Armstrong dalam sebuah posting blog.

Jatuhnya harga di pasar kripto juga telah memaksa perusahaan seperti BlockFi dan Crypto.com untuk memangkas ratusan karyawan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Indodax Terima Penghargaan Patuh Pajak Dari DJP Kemenkeu


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading