Simak! Begini Cara Pantau PPDB Online 2022 di HP

Tech - Tim, CNBC Indonesia
14 June 2022 14:10
Orang tua murid mencari informasi pengajuan akun untuk mengikuti proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di Sekolah SMA Negeri 87 Jakarta, Senin (7/6). Proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta yang mulai dibuka sejak hari ini, Senin (7/6). Pada tahun ini, ada empat jalur pendaftaran yang dibuka meliputi jalur prestasi, afirmasi, zonasi, perpindahan tugas orang tua dan anak guru. Pada hari ini 7 Juni hingga 9 Juni 2021 PPDB dibuka khusus untuk jalur prestasi. Persyaratan PPDB Jakarta 2021 adalah ketentuan yang mewajibkan bahwa sekolah-sekolah negeri atau milik pemerintah yang ada di wilayah DKI Jakarta, hanya boleh menerima siswa yang terdaftar di Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan oleh Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Provinsi DKI Jakarta. Aturan ini PPDB DKI Jakarta 2021 juga telah diundangkan pada tanggal yang sama, dan dicatatkan dalam Berita Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 nomor 55005.
Pada pasal 1 ayat (11) Pergub No 32 Tahun 2021 tersebut meyebutkan,

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 tengah berlangsung secara online. Rangkaian ini dimulai dari pengumuman, pendaftaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, dan lapor diri.

Serangkaian proses tersebut terpusat dalam sistem bernama SIAP PPDB Online yang dapat memudahkan pendaftar mengakses data secara real time. SIAP PPDB Online adalah situs yang dapat diakses oleh pendaftar sesuai dengan daerah pendaftaran masing-masing.

Khusus wilayah DKI Jakarta, proses PPDB Online 2022 telah berjalan sejak 17 Mei untuk jenjang SD, 23 Mei untuk SMP, dan 30 Mei untuk SMA/SMK. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 15 Juni mendatang.


Cara Pantau PPDB Online di HP

Selama proses PPDB 2022 berlangsung, calon peserta didik dan orang tua bisa memantau langsung secara online. Lantas, bagaimana cara memantau PPDB Online 2022 di HP? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka situs siap-ppdb.com di browser HP Anda dan pilih wilayah yang ingin dicek. Misal, klik DKI Jakarta dan Anda akan diarahkan ke situs ppdb.jakarta.go.id
  • Pilih jenjang pendidikan yang sudah Anda daftarkan, misal SD, SMP, SMA, atau SMK
  • Klik menu "Memantau Hasil Seleksi"
  • Pilih sekolah lalu pilih nama sekolah tempat Anda mendaftarkan diri
  • Cari nama dan nomor peserta Anda.

Cara Pantau PPDB Online Menggunakan Aplikasi

Selain mengakses langsung situs SIAP PPDB Online melalui browser HP, Anda juga bisa memantau proses PPDB Online 2022 di HP melalui bantuan aplikasi. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi SIAP PPDB di Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi dan pilih menu "Cari Siswa" di pojok kanan atas
  • Masukkan nomor pendaftaran Anda pada kolom yang tersedia
  • Klik "Cari" dan tunggu hasil PPDB Anda muncul.

Mudah bukan, cara pantau PPDB online 2022 lewat HP. Semoga informasi ini bermanfaat dan siswa bisa diterima di sekolah yang sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Ini Bentuk e-KTP Digital di Ponsel Kamu


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading