Maaf Tokopedia dan Bukalapak, Ini Marketplace Favorit UMKM RI

Tech - Intan Rakhmayanti Dew, CNBC Indonesia
09 June 2022 20:52
Infografis: Ini Juara Marketplace RI di Kuartal I/2021 Foto: Infografis/Ini Juara Marketplace RI di Kuartal I/2021/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 87,43 persen pelaku UMKM di Indonesia sudah menggunakan internet. Hal tersebut diungkap dalam survei penggunaan internet oleh UMKM yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Dalam laporan tersebut, hanya sebanyak 12,57 persen UMKM yang tidak menggunakan internet. Mereka (73%), beralasan bahwa penjualan produk dan jasa sudah cukup baik.


"Jadi merasa tidak perlu lagi pakai internet," ujar Sekretaris Jendral APJII Zulfadly Syam, saat Launching Internet Profile 2022 di The Westin, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Dari yang sudah memakai internet, mereka yang memilih menjalankan bisnis secara online, paling banyak datang dari usaha micro (63%), usaha kecil (65%), dan usaha menengah (72%).

Menurut laporan APJII, UMKM yang memiliki akun penjualan pada market place sudah cukup banyak yakni 73,42 persen.

Cover Headline, E-CommerceFoto: Cover Headline/ E-Commerce/ Edward Ricardo
Cover Headline, E-Commerce

Adapun marketplace yang paling banyak digunakan untuk menjual produk adalah Shopee (39%), Tokopedia (24%), Lazada (14%), OLX (5%), dan Bukalapak (4%).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kupas Tuntas Bisnis Startup Quick Commerce yang Lagi Menjamur


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading