Netizen Tuding Apple Contek Xiaomi Gegara Fitur Layar Kunci

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
08 June 2022 14:45
Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi menampilkan layar kunci iOS 16 yang didesain ulang dalam gambar diam ini dari video utama yang memulai WWDC22 di Cupertino, California, AS yang dirilis 6 Juni 2022. (via REUTERS/APPLE INC) Foto: Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi menampilkan layar kunci iOS 16 yang didesain ulang dalam gambar diam ini dari video utama yang memulai WWDC22 di Cupertino, California, AS yang dirilis 6 Juni 2022. (via REUTERS/APPLE INC)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple baru saja mengadakan konferensi WWDC tahunan, Mereka secara resmi mengumumkan peluncuran iOS 16, macOS Ventura, dan watchOS 9.

Sebagai salah satu fokus konferensi, fitur anyar iOS 16 membuat perdebatan di kalangan netizen setelah dirilis.

Salah satu yang membuat perdebatan adalah fitur Live Screen yang menjadi sorotan utama di iOS 16.


Pengguna bisa melakukan kustomisasi tampilannya dan bisa menggunakan Live Wallpaper baru yang salah satunya menampilkan pemandangan Bumi dari luar angkasa. Masalahnya, fitur ini sudah lebih dulu hadir di perangkat Xiaomi.

Perusahaan asal China itu meluncurkan fitur serupa pada awal tahun 2020 di smartphone-nya, demikian dikutip dari Gizchina, Rabu (8/6/2022).

Oleh karena itu, banyak netizen mengatakan "Semuanya didasarkan pada MIUI". Banyak juga yang mengatakan bahwa "iOS meniru MIUI" dan seterusnya.

Animasi pembukaan kunci dan pemutaran di iOS 16 dinilai tidak sebagus wallpaper MIUI Earth milik Xiaomi.

Dari sudut pandang perbandingan, wallpaper super iOS 16 dinilai sedikit kurang memberikan efek "mengejutkan" saat dibuka kuncinya.

Lock Screen XiaomiFoto: tangkapan layar Xiaomi
Lock Screen Xiaomi

Xiaomi meluncurkan fitur tersebut untuk pertama kalinya di MIUI 12. Mengambil tema planet, layar ponsel akan menampilkan seluruh gambar Mars.

Layar akan diperbesar sehingga pengguna bisa melihat Mars dengan jelas. Ketika pembukaan kunci ditutup dan memasuki menu, layar akan membesar. Terakhir, pegunungan dan tekstur Mars akan ditampilkan kepada pengguna.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Samsung, Xiaomi, Vivo Nyungsep, Ini Dia Raja Ponsel Baru RI!


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading