Segera Backup! WA Akan Lenyap Permanen di HP Ini Oktober 2022

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
24 May 2022 09:10
Ilustrasi WhatsApp  (AP/Patrick Sison)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi para pemilik beberapa iPhone versi lawas sebaiknya segera backup data yang ada di WhatsApp. Pasalnya, aplikasi pesan instan milik Meta itu, dilaporkan akan setop beroperasi di iPhone yang menjalankan iOS 10 dan iOS 11 pada akhir tahun ini.

Dalam laporan Phone Arena disebutkan WhatsApp telah mulai memberi peringatan kepada pengguna iPhone yang menjalankan iOS 10 dan iOS 12 untuk memperbaharui sistem operasi yang digunakan ke yang lebih baru agar aplikasi ini tetap bisa dijalankan.

"Jika tidak, aplikasi akan berhenti beroperasi di ponsel mereka setelah 24 Oktober," tulis Phone Arena, dikutip Selasa (24/5/222).


Saat kebijakan ini berlaku, tipe iPhone yang tak bisa menjalankan WhatsApp lagi adalah iPhone 5 dan iPhone 5c. Adapun, pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S masih bisa menjalankan WhatsApp jika memperbarui perangkat ke iOS terbaru.

Cara update iOS milik iPhone tinggal masuk ke Setting > General > kemudian pilih Software Update. Pasang pembaruan terbaru ini di perangkat kamu agar bisa tetap menggunakan WhatsApp.

Saat ditinjau ke situs resmi WhatsApp, perubahan kebijakan tersebut ternyata telah diumumkan. Jika pada 1 November lalu perangkat iPhone yang bisa mendukung WhatsApp adalah iOS 10 ke atas, kini diubah menjadi iOS 12 ke atas.

Adapun sistem Android yang mendukung WhatsApp masih belum berubah, Android OS 4.1 (Jelly Bean) ke atas, dan pengguna ponsel Nokia wajib menggunakan KaiOS 2.5.0.

Sistem operasi yang lebih lama mungkin tidak mendukung fungsionalitas baru, ini yang membuat versi terbaru tidak berfungsi pada platform lama. Lagi pula mempertahankan sistem operasi yang lebih lama membutuhkan biaya yang besar padahal penggunanya semakin sedikit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Begini Cara tidak Terlihat Online Saat Balas Pesan WhatsApp


(dem/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading