Horor! Fenomena Hujan Darah Akan Terjadi di Inggris, Ada Apa?

Tech - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
21 May 2022 19:15
Baghdad dan wilayah barat Anbar mengalami badai debu yang memenuhi langit. (AFP via Getty Images/HUSSEIN FALEH)

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena hujan darah bakal terjadi di Inggris pada pekan ini. Hal tersebut terjadi seiring dengan adanya debu yang berasal dari gurun Sahara dan terbawa oleh Angin sampai ke negara itu.

Sehingga, begitu terkena air hujan, maka air yang turun akan terlihat menjadi warna merah. Citra satelit dari lembaga antariksa European Space Agency (ESA) menampakkan gelombang debu dari Sahara mengarah ke Laut Atlantik sampai Karibia.

Nah, debu tersebut diprediksi juga bisa sampai ke tanah Inggris.

"Mungkin akan bercampur dengan hujan, sehingga mungkin ada sisa debunya setelah hujan," kata Mark Parrington, ilmuwan cuaca senior dilansir dari Detik.com, Sabtu (21/5/2022).

Sebelumnya, debu dari gurun Sahara itu sudah memerahkan sebagian wilayah Eropa. Salah satu akibatnya adalah bagian rumah seperti jendela dan kendaraan para warga kotor karena diselimuti dengan debu berwarna merah.

Ilmuwan dari Copernicus Atmosphere Monitoring Service (CAMS) menyatakan bahwa dari waktu ke waktu, semakin banyak debu yang terbawa angin dari Sahara ke sebagian Eropa dan Mediterania. Beberapa waktu lalu, debu itu menyebabkan langit di beberapa kota di Spanyol termasuk Madrid menjadi berwarna merah.

Fenomena semacam ini terjadi ketika angin yang kuat menyapu pasir di Sahara dan sedimen organik lainnya, kemudian melontarkan nya ke stratosfer, lapisan terbawah atmosfer Bumi, kemudian menyebar sampai lokasi yang jauh.


CAMS menyebut debu tersebut kali ini cukup padat sehingga bisa mengurangi paparan cahaya Matahari ke permukaan Bumi. Juga dapat memicu terjadinya hujan darah itu, ketika konsentrasi tinggi debu atau partikel berwarna merah bercampur dengan hujan, sehingga warnanya ikut menjadi merah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mark Zuckerberg Terancam Berakhir di Penjara, Ada Apa?


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading