Cara Download File Jadul atau Kedaluwarsa di Whatsapp

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
19 May 2022 09:15
A 3D printed Whatsapp logo is pictured on a keyboard in front of binary code in this illustration taken September 24, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Foto atau fail yang dikirimkan lewat WhatsApp bisa menjadi kedaluwarsa dan membuat fail tidak bisa diunduh lagi. Hal ini bisa terjadi karena fail sudah terhapus di perangkat atau faktor lainnya.

Cara men-download fail yang sudah kedaluwarsa di WhatsApp bisa menjadi pilihan.

Berikut adalah hal-hal yang bisa dicoba ketika fail di media WhatsApp tidak lagi tersedia, dikutip dari Techadvisor, Kamis (19/5/2022)


Periksa Kartu MicroSD

Jika ponsel Anda mendukung kartu SD, masalahnya mungkin ada saat kartu itu dimasukan ke dalam slot.

Terkadang melakukan reboot perangkat Anda dapat memuat ulang kartu dengan benar, menghapus semua masalah yang mungkin muncul selama penggunaan.

Jika ini tidak membantu, Anda selalu dapat mencoba mengeluarkan kartu dan mengujinya di PC atau perangkat lain.

Periksa ke Folder Lain

Alasan umum media di WhatsApp tidak tersedia adalah saat item dipindahkan dari folder yang seharusnya ke folder lain. Di perangkat Anda seharusnya ada folder di dalam aplikasi Galeri yang disebut Gambar WhatsApp, GIF Animasi WhatsApp, atau Video WhatsApp.

Jika telah memindahkan file dari folder-folder ini ke lokasi lain,WhatsApp tidak akan dapat menemukannya. Oleh karena itu muncul peringatan 'tidak tersedia'. Untuk mengembalikannya ke WhatsApp, cukup salin dari lokasi baru dan tempel kembali ke folder yang relevan.

Pulihkan File WhatsApp dengan Cadangan

Jika semua metode di atas tidak mengembalikan fail media, satu opsi terakhir adalah mencopot pemasangan aplikasi, memasangnya kembali, lalu memilih pulihkan cadangan sebelumnya.

Namun. opsi ini berlaku bagi mereka yang sudah menyiapkan pencadangan saat pertama kali menginstal aplikasi, jika tidak, tidak akan ada yang bisa dipulihkan.

Untuk memeriksa di ponsel Android, buka aplikasi Google Drive dan ketuk tiga garis di sudut kiri atas.

Jika menggunakan iPhone, periksa apakah cadangan iCloud ada di Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan.

Dari menu yang muncul, ketuk Cadangan dan cari Cadangan WhatsApp. Jika ada, Anda dapat memulihkannya saat menginstal ulang aplikasi WhatsApp.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mantap! Ini Dia Fitur Terbaru WhatsApp yang Makin Keren


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading