Kacamata Baru Google Bisa Terjemahkan Bahasa Asing, Live!

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
12 May 2022 13:00
Tangkapan layar video tentang Google Glass terbaru.

Jakarta, CNBC Indonesia - Google memamerkan sepasang kacamata canggih yang belum disebutkan namanya. Kacamata itu disebut dapat menampilkan terjemahan percakapan secara real time dan tidak menunjukkan tanda-tanda penggunaan kamera.

Sepasang kacamata realitas tertambah atau augmented-reality (AR) baru hanyalah salah satu dari beberapa produk jangka yang dipamerkan Google pada konferensi pengembang Google I/O tahunan.

"Apa yang sedang kami kerjakan adalah teknologi yang memungkinkan kami untuk mendobrak hambatan bahasa, melakukan penelitian bertahun-tahun di Google Translate dan membawanya ke kacamata," kata Eddie Chung, direktur manajemen produk Google, dikutip dari Reuters, Kamis (12/4/2022).


Ia menyebut kemampuan kacamata AR tersebut sebagai subtitel untuk dunia.

Menjual lebih banyak perangkat keras dapat membantu Google meningkatkan laba dengan mempertahankan pengguna dalam jaringan teknologinya, karena Google tidak harus membagi penjualan iklan dengan pembuat perangkat seperti Apple dan Samsung yang membantu mendistribusikan layanannya.

Google juga menggoda dengan menampilkan tablet yang akan diluncurkan pada 2023 dan jam tangan pintar yang akan mulai dijual akhir tahun ini.

Namun demikian, bisnis perangkat dari Google masih terbilang kecil. Pada pangsa pasar smartphone global, misalnya, Google hanya memiliki bagian lebih rendah dari 1%, menurut peneliti IDC.

Pengungkapan kacamata baru mencerminkan kehati-hatian perusahaan yang berkembang di tengah pengawasan yang lebih besar terhadap Big Tech. Ketika Google Glass didemonstrasikan di I/O pada tahun 2012, skydivers menggunakannya untuk live streaming lompatan ke gedung San Francisco, dengan perusahaan mendapatkan izin udara khusus untuk aksi tersebut.

Kali ini, Google hanya menampilkan video prototipenya, yang menampilkan terjemahan untuk percakapan yang melibatkan bahasa bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol, dan bahasa isyarat tipe Amerika Serikat (ASL).


[Gambas:Video CNBC]

(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading