Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Pernah Tersambung

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
11 May 2022 18:15
Ilustrasi Mobile (Designed by Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengingat password jaringan WiFi merupakan hal yang cukup merepotkan bagi sebagian orang. Terlebih bagi Anda yang sering menggunakan koneksi internet WiFi di lokasi yang berbeda-beda, misalnya di kantor, rumah, atau di kedai kopi.

Seringkali Anda mencari cara mengetahui password WiFi yang pernah terhubung dengan perangkat smartphone atau PC sebelumnya. Biasanya karena password WiFi yang digunakan cukup rumit atau juga karena Anda bukan pemilik dari koneksi WiFi yang tersedia, sehingga Anda lupa dengan password WiFi yang telah terhubung di perangkat Anda.

Kebingungan juga sering terjadi seperti ketika Anda ingin membagikan password WiFi ke teman, tetapi Anda lupa password-nya karena perangkat Anda sudah langsung terkoneksi secara otomatis.


Bisa juga ketika Anda ingin berselancar menggunakan laptop, sedangkan yang biasa terkoneksi ke WiFi tersebut adalah smartphone Anda.

Cara melihat password WiFi yang sudah pernah tersambung sebelumnya sebenarnya gampang-gampang susah. Jika WiFi tersebut milik Anda sendiri, Anda cukup reset ulang ke pengaturan awal dari pabrik.

Namun sebenarnya ada cara untuk melihat password WiFi yang pernah terhubung, baik di perangkat smartphone maupun PC.

Lantas, bagaimana cara mengetahui password WiFi di lokasi WiFi yang sudah pernah tersambung?

Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Pernah Tersambung di Smartphone

Jika Anda memiliki smartphone baru lalu lupa kata sandi WiFi yang sudah disimpan secara otomatis, Anda bisa menggunakan perangkat lama untuk mengatasinya. Cara mengetahui password WiFi yang sudah pernah tersambung di smartphone atau perangkat lama bisa dilakukan dengan mudah.

Berikut ini cara-caranya:

Cara Melihat Password WiFi di HP Android 10

Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk cara ini dan sangat efektif untuk membagikan password WiFi di perangkat yang minimal menjalankan Android 10. Cara melihat password WiFi di HP Android 10 yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan smartphone Anda tersambung dengan WiFi tujuan yang akan dibagikan
  • Tekan ikon WiFi di pengaturan atau panel cepat selama beberapa detik
  • Pilih salah satu koneksi WiFi yang ingin Anda bagikan, antara "Jaringan saat ini" atau "Jaringan tersedia".
  • Selanjutnya, klik "Bagikan" di bawah nama jaringan
  • Jika Anda menggunakan pengamanan verifikasi dua langkah, masukkan password HP atau pindai sidik jari
  • Password WiFi secara otomatis akan muncul di bawah kode QR

Cara Melihat Password WiFi di HP Samsung

Sistem antarmuka One UI disematkan pada sejumlah smartphone Samsung Galaxy terbaru yang dirilis sejak tahun 2019. Sistem ini membuat sejumlah perbedaan tampilan saat Anda menjalankan smartphone tersebut.

Namun, untuk melihat password WiFi yang pernah tersambung, tampilannya tidak jauh berbeda dengan metode pertama.

  • Sambungkan HP Samsung Galaxy ke WiFi tujuan yang akan Anda bagikan
  • Buka "Pengaturan", lalu "Koneksi", dan pilih "WiFi". Anda bisa langsung membuka koneksi WiFi dengan mengusap layar dari atas ke bawah di halaman utama, lalu klik ikon WiFi selama beberapa detik
  • Pilih ikon gear "Jaringan saat ini"
  • Di bagian kiri bawah muncul ikon kode QR, klik ikon tersebut
  • Kemudian akan ditampilkan kode QR dengan perintah "Pindai kode QR ini di perangkat lain untuk tersambung ke "nama WiFi" tanpa memasukkan kata sandi
  • Selain itu, ada opsi lain yang diberikan dengan sistem One UI, yaitu Anda bisa menyimpan kode QR tersebut sebagai gambar atau langsung membagikannya ke perangkat lain melalui aplikasi perpesanan atau media sosial yang kompatibel. Kedua pilihan tersebut muncul di bawah kode QR

Cara Melihat Password WiFi di HP Android 6 Hingga 9

Sebagian besar smartphone yang menjalankan Android 9 atau yang lebih rendah tidak bisa menghasilkan kode QR dari data password WiFi yang sudah disimpan.

Namun, ada aplikasi yang membantu Anda. Berikut ini cara melihat password WiFi yang diganti di Android atau yang pernah terhubung sebelumnya:

  • Unduh dan instal aplikasi WiFi Password Recovery di Google Play Store
  • Setelah itu, jalankan aplikasi dengan menekan tombol "Grant". Nantinya akan muncul informasi WiFi yang pernah terhubung dengan smartphone Android Anda
  • Cari nama WiFi yang ingin Anda lihat password-nya. Di kolom "PASS" akan muncul password dari WiFi tersebut

Perlu ditekankan, bahwa aplikasi ini membutuhkan akses "root" untuk digunakan. Pasalnya, akses root saat ini sulit dilakukan apalagi untuk smartphone Android versi terbaru, yaitu mulai dari Android 5 ke atas.

Hal tersebut dikarenakan Google kini meningkatkan keamanan pada OS Android mereka. Apalagi kini smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk transaksi yang membutuhkan verifikasi dengan data penting pribadi.

Tentu Google tidak mau main-main dalam menjamin keamanan penggunanya. Sayangnya, memang tidak ada langkah lain yang bisa dilakukan untuk melihat kata sandi WiFi yang sudah tersambung ini selain dengan melakukan rooting pada perangkat smartphone.

Walaupun banyak informasi yang beredar di internet mengenai cara mengetahui password WiFi yang telah terhubung tanpa melakukan root, nyatanya semua informasi tersebut belum dapat dibuktikan apalagi pada smartphone keluaran terbaru.

Cara Melihat Password WiFi Pada iPhone

Pada iPhone, Anda bisa mencoba untuk melihat password WiFi melalui iCloud Keychain. Syaratnya yaitu Anda harus terkoneksi dengan Mac.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Settings pada iPhone, lalu pilih iCloud
  • Pada menu iCloud, nyalakan Keychain
  • Buka Keychain Access pada Mac
  • Kemudian, Anda bisa mengikuti langkah yang sama dengan melihat password pada Mac

Cara Melihat Password WiFI yang Pernah Tersambung ke Laptop
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading