Ini Kebiasaan Bill Gates, Siapa Tahu Bisa Ikutan Tajir!

Tech - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
02 May 2022 18:00
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama pendiri Microsoft, Bill Gates tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di seluruh dunia. Mengingat, perusahaan teknologi yang ia dirikan ini telah menjadi sumber penghasilan miliaran dollar.

Tahun 2022, Forbes melaporkan kekayaan Bill Gates mencapai US$143,2 miliar (Rp 1.927 triliun). Dengan jumlah itu menempatkan Bill Gates di posisi keempat dan berada di bawah tokoh teknologi lain Elon Musk dan Jeff Bezos.

Lantas, kebiasaan apa saja yang diterapkan orang kaya satu ini. Berikut beberapa kebiasaan rutin yang dilakukan Bill Gates yang mungkin bisa juga kamu tiru.


Baca berita pagi

Mengutip dari Medium, setiap hari Bill Gates akan memulai paginya dengan membaca berita. Menurut Business Insider, Bill Gates bisa memperoleh berita-berita tersebut dari media berbeda.

Tidak hanya berita bisnis, Bill Gates juga membaca berbagai topik lainnya. Jika berkesempatan, ia juga akan membagikan apa yang dibacanya pada pengikut di Twitter maupun blog pribadi.

Olahraga

Bill Gates diketahui menghabiskan satu jam setiap pagi untuk berlari di treadmill sesaat setelah bangun tidur. Kebiasaan tersebut dilakukan dengan alasan yang bagus, yakni membangun fokus.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi meningkatkan kognisi dan fokus sepanjang hari. Selain itu, bangun pagi-pagi untuk berolahraga juga meningkatkan disiplin pribadi, yang kemungkinan meluas ke bidang kehidupan lainnya, sehingga membuat diri menjadi lebih produktif dan efisien.

Metode Jadwal Lima Menit

Business Insider menyatakan Bill Gates turut membuat jadwal dengan interval 5 menit. Jadwalnya dipecah menjadi interval lima menit. Elon Musk, sang pendiri Tesla dan SpaceX, juga diketahui melakukan hal yang sama. Setiap momen direncanakan dengan hati-hati. Dengan metode ini, kegiatan dan pekerjaan harian bisa terlihat lebih teratur, rapi, dan sesuai dengan target.

Melakukan pekerjaan rumah tangga

Tak hanya sibuk dengan bisnis yang berjalan, Bill Gates juga memiliki pekerjaan rumah yang rutin dilakukan. Pekerjaan tersebut yakni mencuci piring.

"Mencuci piring setiap malam, orang lain menjadi sukarelawan tetapi saya suka cara saya melakukannya. Jangan khawatir, saya tidak akan memberitahu bahwa Anda harus mulai mencuci piring semua orang setiap malam," ujarnya.

Selain itu, melakukan tugas-tugas sederhana seperti membuang sampah, mencuci piring, dan menggosok meja dapur membuatnya tetap rendah hati dan membumi. "Ini juga memberi Anda rasa pencapaian, dan itu membuat orang lain merasa dihargai," ujar Bill Gates.

Main dengan anak

Selanjutnya, Bill Gates juga suka dan rutin menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan anaknya. Cara yang ia lakukan beragam, namun paling sering mengunjungi lokasi yang tidak biasa. Di akhir pekan, salah satu hiburan favoritnya adalah memainkan permainan kartu Bridge.

Cukup tidur

Ketika tiba waktunya untuk tidur, Bill Gates memastikan harus tidur lebih awal demi memenuhi kebutuhan tidur selama tujuh jam. Pasalnya, kurang tidur memang tidak hanya mengganggu proses kognitif seperti perhatian, kewaspadaan, dan pemecahan masalah, namun ini juga membuat seseorang sulit untuk belajar secara efisien hingga menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Untuk menghindari hal tersebut, Bill Gates memanifestasikan kesehatan yang mahal dengan setidaknya selama 7 jam setiap malam.

Alokasikan satu jam untuk belajar

Terlepas dari jadwalnya yang sibuk, Bill Gates juga mengalokasikan satu jam setiap hari untuk belajar. Dia dikenal membaca sekitar 50 buku setahun. Sebuah buku juga dapat membantunya melihat sesuatu yang familiar dari sudut yang berbeda, sehingga memperluas pandangan dunianya.

Tidak takut ambil risiko

Tidak ada orang sukses yang berkarakter "follower". Prinsip hidup mereka tidak pernah sekadar "mengalir bersama air." Mereka berani menjadi seorang pemula yang visioner kendati itu memiliki risiko yang tinggi. Mereka selalu terpacu untuk mencari cara terbaru menghadirkan barang atau jasa yang sesuai dengan visi besar mereka.

Memiliki passion dan ketekunan

Tanpa passion yang besar terhadap apa yang mereka kerjakan, seseorang tidak akan berhasil. Di tengah proses membangun kerajaan bisnis, halangan dan rintangan yang mereka hadapi juga tidak sedikit.

Terancam bangkrut, keputusan bisnis yang salah, dan beragam kesalahan keputusan bisnis yang pernah terjadi, tidak membuat mereka kecil hati. Di sinilah kekuatan passion berperan sehingga mereka terus tekun dan bangkit membangun bisnis.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak Ramalan Bill Gates Soal Pandemi Covid-19 di 2022


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading