Belum Booster Tapi Dapat Sertifikat Vaksin? Lapor ke Sini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 April 2022 09:25
INFOGRAFIS, Cara Download Sertifikat Vaksin

Jakarta, CNBC Indonesia - Apakah Anda belum mendapatkan booster tetapi sudah muncul sertifikat vaksin di aplikasi Peduli Lindungi? Jika iya, ada cara untuk memperbaikinya. Pertama-tama harus menghubungi nomor WhatsApp Kementerian Kesehatan lebih dulu.

Nomor WhatsApp tersebut adalah 0811-1050-0567. Cara berikutnya adalah sebagai berikut, dikutip dalam laman FAQ Kemkes, Selasa (26/4/2022):

1. Ketik 'Hi' pada kolom chat WhatsApp Kemkes.


2. Pilih menu 'Data Vaksinasi'.

3. Pilih kategori 'Vaksin di Indonesia'.

4. Pilih 'Nik Sudah Vaksinasi'.

5. Ketika 'Ya' untuk terhubung dengan petugas.

Setelah terhubung dengan pihak petugas Help Desk, laman tersebut menuliskan Anda bisa menuliskan kendala dan informasi yang sesuai dengan masalah tersebut.

Saat ditanya kenapa hal itu bisa terjadi, Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji memastikan ini bukan karena kebocoran datam, melainkan akibat adanya salah input data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Menurutnya, kesalahan memasukkan data tersebut kerap terjadi di tempat vaksinasi Covid-19, khususnya saat sedang melakukan booster.

"Yang pasti bukan karena kebocoran data, tapi lebih ke saat peng-input-an salah angka NIK [walau hanya salah 1 angka] sering terjadi di sentra-sentra vaksin terutama saat booster seperti ini," jelasnya kepada CNBC Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Vaksin Booster Astrazeneca vs Pfizer, Mana yang Lebih Tokcer?


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading