Ini Cara Mencegah Whatsapp Disadap Orang Lain, Tak Usah Panik

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
25 April 2022 08:40
Infografis: Pakai 20 Password Ini? Ganti Segera Atau Dirampok Hacker

Jakarta, CNBC Indonesia - Melindungi akun digital, seperti WhatsApp, adalah tindakan penting di zaman sekarang. Tanpa adanya usaha tambahan dalam melindungi akun WhatsApp, aktivitas penyadapan akan sangat mudah dilakukan.

Kendati demikian, aksi penyadapan di akun WhatsApp bisa dicegah dengan berbagai cara yang sudah disediakan pihak pengembang. Salah satunya, pengguna WhatsApp bisa mengaktifkan fitur two-step verification untuk mempersulit orang jahat yang hendak membajak atau menyadap WhatsApp.

Berikut ini merupakan cara-cara mengatasi penyadapan pada akun WhatsApp:


1. Verifikasi Dua Faktor

Fitur ini bisa diaktifkan pengguna WhatsApp dengan masuk menu pengaturan - pengaturan akun - dan memilih opsi autentikasi dua faktor. Setelah itu, WhatsApp akan meminta pengaktifan menggunakan PIN. Pengguna harus memasukkan enam digit angka PIN dan alamat surel yang terintegrasi dengan akun WhatsApp.

2. Gunakan Fitur Pindai Sidik Jari

Fitur ini mewajibkan pengguna untuk memindai sidik jari setiap kali akan membuka akun WhatsApp. Melalui fitur ini, orang jahat tak bisa menyadap akun jika tak punya sidik jari pengguna.

Cara mengaktifkannya, pengguna bisa masuk ke menu Setting > Account > Privacy > Fingerprint Lock.

3. Keluar dari Perangkat Tak Dikenal

Perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp bisa dilihat melalui menu pengaturan atau setting. Setelah itu, pengguna hanya perlu memilih opsi WhatsApp Web, dan melihat daftar perangkat yang terhubung. Setelah mengetahui daftar perangkat, pengguna bisa menghapus akses WhatsApp dari perangkat yang tak dikenali atau sudah tidak dipakai.

Selain mengetahui cara melindungi akun WhatsApp, kamu juga perlu tahu ciri-ciri akun WhatsApp disadap. Berikut dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. Mendapatkan kiriman OTP

One time password (OTP) merupakan 6 digit nomor autentikasi yang dikirimkan WhatsApp kepada pengguna. WhatsApp hanya mengizinkan nomor akun pada satu smartphone saja.

Jika kalian mendapati hal ini, itu berarti ada pihak lain yang mau memasang akun WhatsApp di perangkat lain. Abaikan saja pesan ini dan jangan berikan kepada siapapun yang memintanya.

2. WhatsApp Web tiba-tiba log out

Sama seperti smartphone, WhatsApp web hanya bisa digunakan di satu laptop atau komputer. Jika tiba-tiba log out itu artinya ada yang menggunakan akun WhatsApp Web di perangkat lainnya.

Untuk mengetahui dan mematikan penggunaan WhatsApp Web oleh orang lain bisa dilakukan dengan mengetik tiga ikon titik di kanan atas WhatsApp smartphone kemudian pilih mode WhatsApp Web. Di sana, akan muncul WhatsApp Web dipakai di perangkat mana.

3. Pesan telah terbaca

Saat pesan kamu belum dibaca dan tiba-tiba sudah bercentang biru alias sudah dibaca, ada kemungkinan besar akun WhatsApp telah dibajak dan disadap.

4. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna

Jika kamu merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp kamu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek HP! Ini Ciri-ciri Whatsapp Disadap dan Cara Mengatasinya


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading