10 Cara Hemat Baterai Smartphone di Perjalanan Mudik Lebaran

Tech - Tim, CNBC Indonesia
20 April 2022 17:25
A man use his smartphone, in this picture illustration taken February 14, 2018. Picture taken February 14, 2018. REUTERS/Beawiharta/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjelang momen mudik lebaran 2022, akan banyak pemudik yang melintasi jalur darat. Saat di perjalanan dengan waktu yang cukup lama membuat baterai smartphone Anda bisa habis di tengah perjalanan.

Saat ketahanan baterai smartphone Anda tidak lama, maka akan menimbulkan permasalahan bagi banyak orang.

Bagi Anda yang sudah berencana untuk mudik ke kampung halaman, ternyata ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone terutama saat di perjalanan mudik lebaran.


Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

Untuk menghemat baterai smartphone Anda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari menyetop aplikasi yang boros baterai hingga penggunaan aplikasi yang bebas iklan. Berikut ini cara lengkap menghemat baterai smartphone selama di perjalanan mudik lebaran:

1. Cek Lalu Stop Aplikasi yang Paling Boros Baterai

Smartphone biasanya dibekali dengan sejumlah aplikasi, mulai dari aplikasi bawaan dari sistem maupun pengguna sendiri yang memasang atau install. Aplikasi tersebut ternyata bisa menyedot baterai jika digunakan secara terus menerus.

Oleh karena itu, cek kembali aplikasi apa saja yang paling banyak menguras baterai di masing-masing pengaturan ponsel. Di pengaturan tersebut, Anda dapat melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai.

2. Turunkan Level Brightness Smartphone

Tingkat kecerahan layar smartphone juga bisa menguras kapasitas baterai. Maka dari itu, pastikan tingkatan yang ada pada brightness level smartphone Anda berada pada level terendah atau dalam kondisi gelap. Anda juga bisa mengaktifkan fitur "otomatis" agar tidak perlu melakukannya secara manual.

3. Nonaktifkan Fitur Lokasi Jika Tidak Diperlukan

Mirip seperti brightness smartphone, fitur lokasi juga bisa mengurangi kapasitas baterai ponsel. Jika sedang tidak memerlukan fitur lokasi, ada baiknya untuk dimatikan untuk menghemat daya baterai smartphone Anda.

4. Jangan Tinggalkan Aplikasi Berjalan di Background

Tidak bisa dipungkiri, bahwa multitasking di smartphone sangat memudahkan pengguna untuk kembali ke aplikasi-aplikasi yang sering dibuka, tanpa harus me-restart aplikasi.

Namun, di sisi lain ternyata multitasking dapat menguras baterai lantaran aplikasi terus berjalan di sistem ponsel dan memori walaupun tidak digunakan.

Untuk menghindari pemborosan baterai, tutup aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan saat Anda meninggalkan aplikasi tersebut, Hindari menekan tombol "Home" untuk kembali ke layar utama smartphone.

5. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Sejumlah aplikasi biasanya dibekali dengan kemampuan mengantarkan informasi lewat notifikasi agar mudah dilihat oleh pengguna, jika memang ada hal yang penting bagi pengguna untuk perlu tahu.

Namun, ternyata penggunaan notifikasi bisa menguras baterai jika pengguna tidak bisa mengontrol aplikasi mana saja yang bisa mengantarkan informasi melalui notifikasi.

Maka dari itu, matikan beberapa notifikasi untuk aplikasi yang menurut pengguna tidak dibutuhkan. Untuk mengakses izin notifikasi, pengguna bisa mengunjungi menu "Settings" pada smartphone masing-masing, lalu pergi ke menu "App Notifications" atau menu serupa.

6. Mematikan Fitur Automatic Sync

Fitur automatic sync biasanya bermanfaat untuk mengecek apakah ada informasi terbaru dari aplikasi yang terpasang oleh pengguna, misal untuk mengecek email secara berkala atau notifikasi dari aplikasi jejaring sosial.

Tetapi, pengecekan secara berkala ini memang menguras baterai. Maka dari itu, pengguna dapat menonaktifkan fitur automatic sync ini di menu "Settings" yang ada pada smartphone masing-masing.

7. Batasi Penggunaan Fitur Kamera

Jika Anda ingin mendokumentasikan kegiatan atau momen saat di perjalanan menggunakan kamera smartphone, upayakan untuk menghemat baterai dengan beberapa cara. Salah satunya jika di siang hari jangan menggunakan flash, namun gunakan sinar matahari sebagai pendukung pencahayaan.

Saat baterai smartphone Anda mau habis, jangan gunakan fitur kamera jika tidak ingin benar-benar kehabisan daya. Gunakanlah fitur kamera secara bijaksana dan secukupnya saja.

8. Gunakan Fitur Power Saving

Pada jenis smartphone keluaran terbaru, fitur penghemat baterai atau power saving ini telah tersedia. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang agar hemat dalam menggunakan baterai.

Fitur ini sangatlah berguna, hal ini dikarenakan bisa membatasi kemampuan smartphone dan hanya fitur-fitur yang penting saja yang akan berjalan, seperti telepon, sms, internet, dan sebagainya. Alhasil, baterai ponsel pun tidak terkuras oleh beberapa aplikasi dan fitur yang tidak begitu dibutuhkan.

Oleh karena itu, manfaatkan fitur power saving ini agar penggunaan smartphone tidak memakan baterai yang berlebih.

9. Gunakan Aplikasi Smartphone yang Beban Iklan

Beberapa aplikasi ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Biasanya, aplikasi yang dipasang secara gratis dibekali dengan sistem ads guna menampilkan iklan di dalam antarmuka aplikasi.

Untuk menampilkan iklan, smartphone akan membutuhkan tenaga ekstra, seperti penggunaan data dan baterai ekstra.

Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi yang bebas iklan atau aplikasi berbayar guna menghindari iklan yang bisa menguras baterai smartphone.

10. Aktifkan Airplane Mode dan Manfaatkan Wi-Fi

Airplane Mode atau mode pesawat merupakan alternatif terakhir dari cara menghemat baterai yang bisa pengguna lakukan. Dengan memanfaatkan mode ini, smartphone Anda sedang beristirahat dan terputus sementara dengan berbagai konektivitas seperti sinyal.

Selain itu, jika Anda membutuhkan internet, manfaatkan Wi-Fi yang ada di sekitar sehingga daya yang digunakan menjadi lebih hemat daripada jaringan seluler biasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penduduk 20 Negara Ini Kecanduan Smartphone


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading