Mau Aplikasikan Kecerdasan Buatan, Industri Harus Siapkan Ini

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
20 April 2022 13:58
Kata.ai Foto: Dok Kata.ai

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk memastikan adanya kepuasan dari pengalaman pelanggan, para pelaku industri diharuskan untuk beradaptasi pada ekosistem digital, khususnya Artificial Intelligence (AI). Dengan demikian, para pelaku bisnis atau industri harus siap dalam mengadopsi sistem AI dalam sistemnya, seperti chatbot.

Director PT Mitra Integrasi Informatika (Metrodata Group), Herryanti Herman mengatakan ada empat komponen utama yang harus dipersiapkan dengan baik untuk mempersiapkan pengaplikasian chatbot AI. Yang pertama yaitu sisi proses. Hal ini meliputi seperti bagaimana proses kerja dan bagaimana perusahaan membuat journey.

"Kemudian yang kedua kami mempersiapkan SDM. Jadi setiap orang di organisasi harus memiliki keinginan untuk menjadi bagian. Misalnya sales yang harus membantu melakukan follow up terhadap semua pipeline yang masuk. Kemudian customer service, apabila ada komplain harus cepat ditangani, maka tim itu pun harus juga segera merespon dengan baik," ujar Herryanti dalam acara Webinar 'Transforming Businesses with WhatsApp Business Platform' yang diselenggarakan oleh Kata.ai, Rabu (20/4/2022).


Dia menambahkan, hal lain yang harus disiapkan adalah memiliki teknologi. Saat ini ada beberapa teknologi yang bisa membantu untuk mengakselerasi bisnis dengan menggunakan chatbot. Kemudian teknologi Cloud yang berguna untuk menyiapkan informasi data-data untuk bisa diakses kapan saja dan dimana saja

"Teknologi berikutnya yang saat ini sangat hype diadopsi oleh Indonesia adalah digital bisnis platform melalui IPI management, ini sangat mungkin semua aplikasi saling terkoneksi dan berkomunikasi (terintegrasi). Dengan semakin banyaknya aplikasi yang terkoneksi tentu saja solusi big data intelijen menjadi sangat relevan karena kita tidak bisa mengolah data kalau datanya sendiri itu nggak ada," tambahnya.

Dia menambahkan, untuk para industri yang akan memulai mempersiapkan chatbot AI adalah harus mempersiapkan terlebih dahulu data governance di dalam organisasi agar rumusan yang dihasilkan lebih komprehensif. Selain itu, harus dipastikan pula bahwa keamanan data dan informasi.

"Kami sudah kolaborasi dengan kata.ai untuk membuat integrasi-integrasi ini di beberapa pelanggan dan industri lain, kami sudah bisa berikan ini kepada pelanggan. Kata.ai senantiasa memperbaharui dan selalu relevan terhadap perkembangan teknologi," pungkasnya.

Sebagai informasi, kata.ai adalah sebuah platform yang menyediakan chatbot AI, dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik untuk melayani pelanggan yang cenderung melakukan frequently ask question (FAQ). Dengan menggunakan kata.ai, kebutuhan dan pengalaman konsumen dari sebuah perusahaan akan lebih terakselerasi dengan baik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Dampak Kecerdasan Buatan Buat Ekonomi Versi Glance


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading