Cara Menghilangkan Garis Merah di Word, Tak Sampai Semenit

Tech - Tim, CNBC Indonesia
14 April 2022 14:45
microsoft word Foto: microsoft word

Jakarta, CNBC Indonesia - Cara menghilangkan garis merah di Word cukup mudah dan tidak sampai semenit untuk melakukannya. Anda dapat melakukannya sendiri tanpa melakukan aplikasi tambahan apapun.

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan. Word memiliki banyak manfaatnya, mulai dari untuk menulis skripsi, jurnal ilmiah, hingga surat lamaran kerja.

Perlu diketahui, bahwa Word memiliki banyak fitur-fitur yang dapat membantu para pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Salah satunya yaitu fitur untuk mengoreksi tulisan. Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan fitur ini, pastinya sudah familiar jika ada garis merah yang muncul di bawah tulisan.


Garis Merah di Word

Garis merah yang sering Anda lihat di Word itu merupakan sebuah fitur yang bernama proofread yang dihadirkan oleh Microsoft untuk untuk membantu mengoreksi penulisan saat mengetik. Dengan begitu, Anda akan mudah melihat kata-kata mana saja yang harus diubah atau diperbaiki.

Garis merah di Word ini sebenarnya sangat membantu Anda untuk menghindari kata-kata yang salah saat mengetik di Word. Namun, banyak pengguna juga yang merasa terganggu dengan kehadiran fitur garis merah di Word ini.

Selain itu, garis merah di Word atau proofread ini merupakan bawaan yang dipasang di Microsoft Word untuk penulisan bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia.

Maka dari itu, menghapus garis merah di Word menjadi salah satu solusinya. Cara yang Anda lakukan untuk menghilangkannya pun cukup mudah. Hanya saja, untuk menghapus fitur proofread ini tergantung dari versi Microsoft Word apa yang sedang Anda gunakan.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara menghilangkan garis merah di Word dapat Anda lakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan maupun bantuan orang lain. Namun, cara ini hanya dapat berlaku di Microsoft Word 2016. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Microsoft Word

Langkah pertama untuk menghapus garis merah di Word yaitu dengan membuka aplikasi Microsoft Word. Anda bisa membuka dokumen yang telah tersimpan atau halaman baru di Word. Setelah itu, cari menu "File" di sudut kiri atas dan klik menu tersebut.

2. Pilih Option

Setelah Anda klik menu "File", akan muncul beberapa pilihan. Dari menu pilihan tersebut, pilih menu "Option". Klik menu tersebut untuk lanjut menghapuskan garis merah di Word.

3. Klik Menu Proofing

Setelah klik dan masuk ke menu "Option", pilih sub menu "Proofing". Menu "Proofing" berada di bagian kiri setelah menu General dan Display. Dengan mengklik menu "Proofing" tersebut, Anda dapat menghapus garis bawah merah di Word.

4. Hapus Tanda Ceklis

Selanjutnya, cari kolom "check spelling as you type" dan "mark grammar error as you type". Kemudian, hilangkan tanda ceklis di kedua kolom tersebut. Jika sudah, klik "Ok" di samping kanan bawah. Selesai, Anda sudah menghapus garis merah di Word dan dapat memulai kembali untuk menulis.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2010

Salah satu versi Word yang masih cukup populer digunakan masyarakat yaitu Microsoft Word 2010. Hal ini dikarenakan fitur dan penampilan dari versi ini cukup simpel. Cara menghapus garis merah di Word versi 2010 sedikit juga sedikit berbeda dengan versi terbaru.

Berikut ini cara menghilangkan garis merah di Word versi 2010:

  • Klik "Office Button" di bagian kiri
  • Pilih "word options" di bagian paling bawah setelah "Exit Word"
  • Muncul menu "Proofing", lalu klik
  • Hilangkan tanda ceklis pada kalimat "check spelling as you type" dan "grammar errors as you type"
  • Selesai, garis merah di Word sudah hilang

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word HP

Microsoft Word juga dapat Anda gunakan di HP dan Anda juga dapat menghapus garis merah di word HP.

Berikut ini cara menghilangkan garis merah di Word HP Android:

  • Buka file Word di HP Anda
  • Pilih mode pengeditan dengan memilih ikon pensil di bagian kanan atas
  • Kemudian, ketuk ikon segitiga di pojok kanan bawah
  • Setelah itu, pindah ke section menu "Review"
  • Pilih menu "Proofing and Language"
  • Lalu pilih bahasa yang ingin Anda gunakan dalam penulisan
  • Beri centang di kolom "Hide All Proofing Marks".

Mengganti Bahasa Pemeriksaan (Proofing)

Adanya garis merah di Word, mungkin dikarenakan bawaan Microsoft Word Anda masih menggunakan bahasa Inggris. Jadi saat Anda menulis bahasa Indonesia, hampir semua kata di Word akan bergaris merah.

Anda juga bisa mengubah seluruh pengantar di Microsoft Word dari bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia. Sebelumnya, pastikan komputer atau laptop Anda sudah terkoneksi dengan internet. Tahapan yang dapat Anda lakukan untuk mengganti bahasa di Word yaitu dengan cara ini.

Pertama, buka microsoft Word, lalu klik "File" di sudut kiri atas halaman Microsoft Word. Lalu klik "Options" yang berada di paling bawah dan tekan "Language".

Kemudian, di samping kolom menu "Office display language", klik "Add a Language". Lalu akan muncul opsi bahasa yang dapat Anda pilih. Klik "Indonesian", kemudian klik "Install".

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi agar dapat diarahkan ke situs Microsoft untuk mengunduh bahasa tersebut. Klik "Download" untuk mengunduh paket bahasa yang ingin dijalankan.

Bahasa Indonesia dapat Anda unduh jika menggunakan di aplikasi Excel untuk Microsoft 365, Word untuk Microsoft 365, Outlook untuk Microsoft 365, Power Point untuk Microsoft 365, Excel 2021, Word 2021, Outlook 2021, Power Point 2021, Excel 2019, Word 2019, Outlook 2019, Powerpoint 2019, Excel 2016, Word 2016, Outlook 2016, dan Power Point 2016.

Jika sudah selesai mengunduh, buka hasil unduhan dan ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai instalasi selesai. Kemudian, mulai ulang atau tutup semua aplikasi Office agar pengaturan bahasa Indonesia dapat dipakai.

Umumnya, bahasa pengantar di Microsoft Word akan berubah secara otomatis menjadi bahasa Indonesia. Tetapi jika hal itu tidak terjadi, Anda dapat mengubahnya dengan cara berikut ini:

  • Buka Microsoft Word
  • Klik "File"
  • Klik "Options"
  • Pilih "Language"
  • Di kolom "Office display language", pilih "Indonesian". Di samping kolom, klik "Set as Preferred"
  • Di kolom "Office authoring languages and proofing", pilih juga "Indonesian". Di samping kolomnya, pilih opsi "Add a Language"
  • Klik "Oke".

Setelah itu, Anda akan diminta untuk tutup semua aplikasi Microsoft, lalu masuk lagi. Selesai, bahasanya pun akan berubah menjadi bahasa Indonesia.

Itulah cara menghilangkan garis merah di Word dengan mudah dan tidak sampai semenit untuk melakukannya. Semoga membantu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading