ATM Bitcoin Buatan Netizen Indonesia, Minimal Tukar Rp 1.500

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
13 April 2022 10:10
People walk by a Bitcoin sign during a meet up between local bitcoin users and foreigners at the closing of Adopting Bitcoin - A Lightning Summit, at El Zonte Beach, in Chiltiupan, El Salvador November 18, 2021. REUTERS/Jose Cabezas Foto: Bitcoin. (REUTERS/Jose Cabezas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketertarikan kepada cryptocurrency membuat pemilik akun Twitter, Roaringstars membuat sebuah platform penukaran Bitcoin berbasis Lightning Network.

Dia mengembangkan sebuah program bernama Lightning ATM (Mainan) yang dapat mengonversi Rupiah ke Satoshi, nominal terkecil dari Bitcoin. Saat dihubungi melalui Direct Messages, Roaringstars menjelaskan latar belakang lahirnya platform tersebut.

Menurutnya, mayoritas orang mengenal cryptocurrency sebagai aset atau investasi yang bisa menghasilkan return yang besar, padahal tidak demikian. Ia ingin paling tidak, orang terlebih dahulu tahu risiko yang bisa mereka alami jika menggunakan kripto.

"Dari sini saya berpikir, bagaimana cara agar menghindarkan orang-orang untuk memasukan terlalu banyak uang mereka di kripto, salah satu caranya ya, menyediakan ruang untuk uji coba atau belajar tetapi nominalnya sangat kecil," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (13/4/2022).

Cara Menggunakan


Cara menggunakan ATM Bitcoin Lightning ini cukup sederhana. Pertama buka situs web roaringstars.com, kemudian klik 'Save Config & Reboot'. Lalu klik tulisan 'please deposit rupiah'.

Pilih opsi untuk melakukan deposit antara Rp 1.500 atau Rp 10.000. Setelah itu, setujui syarat dan ketentuan dengan klik 'Agree & Deposit'. ATM kemudian akan mulai men-generate kode QRIS.

Kemudian pengguna dapat melakukan pembayaran dengan scan kode QRIS tersebut via OVO, GoPay, hingga BCA.

Setelah menyelesaikan proses pembayaran, pengguna akan mendapatkan kode QR yang digunakan untuk mentransfer Satoshi ke crypto wallet yang mendukung LNURL seperti Muun, BlueWallet, hingga Wallet of Satoshi.

Situs web roaringstars.com itu dikembangkan mulai Januari 2022. Saat ini, platform tersebut masih tersedia dalam versi beta. Menurutnya, sudah ada sektiar 500 transaksi yang sukses dilakukan.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Berlaku 1 Mei, Ini Transaksi Kripto yang Dipajaki Sri Mulyani


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading