Ini Dia Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Tertarik?

Tech - Intan Rakhmayanti, CNBC Indonesia
09 April 2022 04:00
foto : Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Zaman semakin maju, teknologi juga berkembang pesat dan membantu kehidupan manusia. Namun di satu sisi terdapat beberapa kemampuan atau skill yang dibutuhkan di dunia kerja masa depan.

Saat ini pemerintah sendiri sedang fokus melaksanakan akselerasi digital nasional yang fokus pada 4 sektor strategis infrastruktur digital, masyarakat digital, pemerintahan digital dan ekonomi digital.


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, mengungkap, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital dalam 15 tahun mendatang.

Studi LinkedIn pada 2020, yang dikutip Kominfo, menyebutkan kecakapan digital berfokus pada tiga hal yang dikenal sebagai The ABC.

The ABC merupakan kependekan dari artificial intelligence (AI), big data, dan cloud computing.

Selain kemampuan teknis, kata Johnny, masyarakat juga perlu menguasai kecakapan non teknis era digital yang disebut sebagai 4C yaitu critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreativitas), collaboration (kolaborasi) dan communication (komunikasi).

"Kombinasi kecakapan ini yang akan berperan besar dalam menyukseskan transformasi digital Indonesia, sekaligus meningkatkan kompetensi juga daya saing talenta digital Indonesia di ranah global," ujar Johnny secara virtual, Jumat (8/4/2022).

Mengutip laporan The Future Jobs dari World Economic Forum, diperkirakan 43 persen pelaku industri akan mengurangi jumlah tenaga kerja karena terdapat pilihan teknologi pada 2025.

Laporan World Economic Forum memproyeksikan akan ada 97 juta peluang pekerjaan yang muncul akibat perkembangan teknologi yang besar.

Ada 10 posisi pekerjaan yang akan mengalami peningkatan kebutuhan pada tahun 2025. Di samping ada banyak juga pekerjaan yang hilang akibat disrupsi digital

"Karenanya saya sangat menghimbau dan memberikan tekanan untuk sama-sama memperhatikan 10 posisi pekerjaan yang akan mengalami peningkatan kebutuhan tersebut," ungkap Johnny.

Berikut ini 10 pekerjaan yang akan dibutuhkan di masa depan:

Big Data Analyst and Big Data Scientist

Big Data Specialist

Artificial Intelligence and Machine Learning Specialist

Digital Marketing and Strategy Specialist

Renewable Energy Engineer

Process Automation Specialist

Internet of things (IoT) Specialist

Business Services and Administration Manager

Business Development Professional

Digital Transformation Specialist


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Diambilalih Robot, Puluhan Juta Orang 'Nganggur' di 2030?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading