Transfer Dolar Pakai Bitcoin Kian Cepat, Bank Tersingkir?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
06 April 2022 12:50
Area pabrik kertas di Quebec, Kanada 'disulap' menjadi pusat penambangan mata uang kripto (cryptocurrency) di tengah tren Bitcoin. (dok. REUTERS/Christinne Muschi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Startup Blockchain Lightning Labs, meluncurkan cara baru dan murah untuk mengirim dolar AS digital ke seluruh dunia tanpa bank.

Perusahaan mengumumkan bahwa mereka meluncurkan Taro, sebuah teknologi yang akan mengarahkan stablecoin yang dipatok fiat (uang yang diterbitkan bank sentral) dan aset digital lainnya melalui jaringan moneter bitcoin. Sejauh ini, proyek Taro, masih dalam mode pengembangan.

Taro menggunakan Lightning, platform pembayaran yang dibangun di atas dasar bitcoin yang memungkinkan transaksi global, volume tinggi, cepat dan murah menggunakan keamanan blockchain bitcoin.


"Ini adalah salah satu hal di mana orang tidak benar-benar tahu cara kerja sistem kartu kredit - dan itu hanya berfungsi," ujar CEO Lightning Labs Elizabeth Stark kepada CNBC Internasional, dikutip Rabu (6/4/2022).

Biasanya, platform pembayaran 'lapisan kedua' membuat bitcoin lebih mudah dibelanjakan dan diterima, tetapi Lightning Labs memperluas kasus penggunaan teknologi ini ke jenis uang virtual lainnya.

Dengan teknologi ini, kata Stark, bisa mengarahkan semua mata uang dunia melalui bitcoin.

"Orang-orang akan dapat dengan mudah beralih antara bitcoin dan katakanlah, stablecoin USD, atau peso, euro, yen, dll. Dan mereka dapat mengirimnya secara global, langsung dan dengan biaya yang sangat rendah," ungkapnya.

Lightning Labs mengatakan bahwa protokol Taro menandai langkah besar dalam kapasitas Lightning untuk berfungsi sebagai protokol transfer nilai yang mendasari internet.

"Dari sudut pandang kami, kami sangat tertarik dengan aspek fiat dan stablecoin, karena kami sangat besar di pasar negara berkembang," jelas Stark.

Tujuan utama dari platform ini adalah untuk menciptakan cara baru tanpa gesekan ke ekonomi global yang hanya membutuhkan smartphone dan bisa digunakan oleh banyak orang.

Lightning Labs juga mengumumkan pendanaan Seri B sebesar US$ 70 juta yang dipimpin oleh Tesla dan pendukung SpaceX Valor Equity Partners.

Mereka mengatakan akan merilis spesifikasi teknis untu Taro, sehingga dapat segera mendapat masukan dari pengembang saat terus membangun platform.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Ini Kode Transfer Bank BCA & Bank Swasta Lainnya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading