Cek Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa Ramadan 2022 di Sini!

Tech - Tim, CNBC Indonesia
04 April 2022 15:15
Muslim women perform an evening prayer called 'tarawih' that marks the first eve of the holy fasting month of Ramadan at Istiqlal Mosque in Jakarta, Indonesia, Saturday, April 2, 2022. During Ramadan Muslims refrain from eating, drinking, smoking and sex from dawn to dusk. (AP Photo/Dita Alangkara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Umat Muslim di dunia termasuk Indonesia sudah menjalankan ibadah puasa. Puasa tentunya menjadi ibadah yang wajib dilaksanakan di bulan Ramadhan bagi umat Muslim.

Nah, dalam menyambut bulan yang suci ini, umat muslim dapat menyiapkan aplikasi jadwal imsakiyah atau jadwal imsak dan buka puasa agar bisa membantu kelancaran ibadah puasa yang dijalani setiap hari di bulan Ramadan.

Diketahui, jadwal imsak merupakan waktu dimulainya ibadah puasa, yang biasanya ditandai dengan dikumandangkannya adzan shalat Subuh.


Sedangkan jadwal buka puasa yaitu waktu berakhirnya ibadah puasa yang biasanya ditandai dengan berkumandangnya adzan shalat Maghrib. Maka dari itu, sangatlah penting bagi umat Muslim untuk mengetahui jadwal imsakiyah maupun jadwal buka puasa yang dapat diunduh secara gratis melalui aplikasi di smartphone Anda.

Aplikasi Cek Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2022

Ada sejumlah aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai jadwal sahur, imsakiyah, hingga buka puasa berdasarkan waktu masing-masing tempat.

Di era teknologi saat ini, tentunya teknologi akan sangat membantu menunjang umat muslim saat menjalankan ibadah, mulai dari mencari jadwal imsakiyah hingga waktu berbuka puasa. Beberapa aplikasi tersebut juga ada yang menawarkan jadwal shalat hingga membaca ayat suci Al Quran.

Berikut ini beberapa aplikasi penunjang ibadah di bulan Ramadan agar tidak terlewat jadwal sahur dan buka puasa:

1. Romadon

Sekilas dilihat dari nama aplikasi berikut ini bahwa aplikasi ini dapat menjadi pendukung selama Anda menjalani bulan puasa 2022. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui secara lengkap jadwal shalat 5 waktu setiap hari hingga jadwal sahur dan buka puasa.

Di aplikasi ini juga terdapat jadwal yang lengkap untuk memberitahu pengguna mengenai jadwal imsak di lokasi tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan panduan arah kiblat yang bisa digunakan untuk mengetahui arah sebelum shalat.

Aplikasi ini bisa Anda unduh di AppStore yang tersedia di iOS. Tetapi bagi pengguna Android aplikasi ini masih belum tersedia.

2. Athan Pro

Athan Pro memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menentukan awal dan akhir puasa. Jadi pengguna akan disajikan dengan jadwal ibadah secara lengkap di aplikasi ini, termasuk waktu shalat, imsak, dan buka puasa.

Aplikasi ini akan memberikan notifikasi berupa suara azan pada pengguna apabila sudah memasuki waktu ibadah tertentu, sehingga bisa meminimalisir tertinggal saat ingin menjalankan ibadah.

Penentuan jadwal ibadah di Athan Pro sudah disesuaikan dengan lokasi pengguna terkini. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penunjang ibadah lainnya, seperti penunjuk arah kiblat, bacaan Al Quran, dan sebagainya.

Athan Pro dapat diunduh melalui Google Play Store untuk smartphone Android dan App Store untuk smartphone iPhone.

3. Ramadan 2022

Di dalam aplikasi Ramadan 2022 ini terdapat waktu shalat yang disesuaikan dengan posisi geografis pengguna, dengan menyesuaikan GPS yang ada di smartphone dan koneksi internet.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur alarm sahur dan buka puasa yang bisa diatur secara otomatis setiap harinya, agar tidak perlu takut ketinggalan waktu sahur dan berbuka puasa.

Ramadan 2022 dapat di unduh melalui Google Play Store.

4. Muslim Go

Aplikasi cek jadwal imsak dan buka puasa selanjutnya yaitu Muslim Go. Mirip seperti aplikasi Athan Pro, aplikasi ini dapat menyediakan jadwal ibadah yang akan diperbarui setiap harinya. Pengguna dapat mengetahui waktu sholat, imsak, dan buka puasa melalui aplikasi ini.

Sebagai penanda waktu ibadah, aplikasi ini akan memberikan notifikasi dan suara azan yang tentunya akan disesuaikan dengan lokasi pengguna berada saat itu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mencari arah kiblat.

Muslim Go juga memiliki kumpulan doa, niat shalat sunnah, hingga artikel fiqih dan aqidah. Aplikasi ini diklaim mempunyai fitur Al Quran dengan mushaf yang sudah terverifikasi dan bersumber dari Tanzil.net. Tanzil.net merupakan sebuah proyek untuk menyediakan ayat Al Quran yang sudah terverifikasi secara internasional.

Selain membaca ayat Al Quran, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna agar dapat mendengarkan suara lantunan dari berbagai qori atau pembaca ayat Al Quran, seperti Syeikh Misyari Rasyid.

Aplikasi Muslim Go mempunyai fitur yang dapat membantu mencari restoran halal di sekitar lokasi pengguna. Muslim Go dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

5. Jadwal Sholat

Aplikasi ini bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda untuk mengetahui jadwal imsakiyah dan buka puasa. Aplikasi ini dapat menghitung waktu shalat sesuai dengan lokasi pengguna yang ada di seluruh Indonesia.

Beberapa fitur yang dapat menunjang umat Muslim dalam beribadah yang terdapat dalam aplikasi jadwal sholat yaitu jadwal sholat 5 waktu dan melihat arah kiblat dari lokasi pengguna.

Jika Anda ingin mengunduh aplikasi ini, aplikasi jadwal sholat hanya tersedia di Google Play Store. Bagi pengguna iOS masih belum tersedia.

6. Umma

Fitur-fitur utama yang terdapat dalam aplikasi Umma secara garis besar mirip dengan aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya, yakni menampilkan jadwal ibadah. Umma juga dapat menampilkan dan memberikan notifikasi terkait waktu shalat, imsakiyah, maupun buka puasa.

Fitur yang cukup menarik dalam aplikasi ini untuk menunjang pengguna saat beribadah salah satunya yaitu seperti video live streaming siraman rohani dari para ustadz. Selain itu, bagi pengguna yang ingin belajar Al Quran, aplikasi ini akan membantu Anda dengan fitur baca Al Quran.

Selanjutnya, pengguna juga dapat mempelajari arti ayat-ayat Al Quran, menandai ayat, menyimpan ayat, membaca, hingga mendengarkan kembali lantunan ayat Al Quran yang disukai. Aplikasi ini juga mempunyai fitur tanya-jawab mengenai gaya hidup dalam pandangan Islam.

Aplikasi Umma dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store secara gratis.

7. Usholli

Aplikasi Usholli menjadi salah satu aplikasi yang menyediakan fitur jadwal shalat meliputi jadwal imsakiyah dan buka puasa di dalamnya. Aplikasi ini diklaim mengambil jadwal shalat 5 waktu resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Usholli juga diklaim tidak mempunyai iklan pada saat pengguna mengoperasikannya. Melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa mengatur notifikasi yang dapat diatur sesuai dengan waktu shalat yang diinginkan.

Selain itu, aplikasi Usholli juga memberikan jadwal shalat yang meliputi 33 provinsi dan lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia yang dapat diatur dan disesuaikan dengan waktu shalat di masing-masing daerah yang menandakan waktu imsakiyah dan buka puasa.

Aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna Android, bagi pengguna iPhone masih belum tersedia.

8. Al Quran Indonesia

Aplikasi jadwal imsakiyah dan buka puasa berikutnya adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini sejatinya memiliki fitur utama mengenai bacaan Al Quran. Selain mengenai fitur bacaan Al Quran, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur jadwal ibadah.

Pengguna bisa mendapatkan notifikasi di layar ponsel ketika sudah memasuki waktu shalat, imsak, dan buka puasa. Notifikasi di aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara azan. Selain itu, Al Quran Indonesia juga mempunyai fitur penunjuk arah kiblat shalat.

Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang berkaitan dengan bacaan ayat dari kitab suci Al Quran, termasuk di dalamnya ada tajwid berwarna, penanda bacaan, lantunan ayat Al Quran yang dibacakan qari, dan sebagainya.

Aplikasi jadwal imsak, buka puasa, dan bacaan Al Quran ini dapat Anda unduh secara gratis melalui Google PlayStore dan AppStore.

9. Ramadan Time 2022

Aplikasi Ramadan Time 2022 mempunyai banyak informasi mengenai bulan Ramadan 2022. Aplikasi ini juga menyediakan jadwal sahur, imsakiyah, dan buka puasa.

Aplikasi ini menyediakan kalender Ramadan 1443 Hijriah. Umat Muslim di seluruh dunia juga dapat menemukan waktu Ramadan sesuai dengan lokasi pengguna.

Selain jadwal imsakiyah dan buka puasa, aplikasi ini juga memiliki fitur pengingat shalat 5 waktu dan peringatan imsakiyah, Aplikasi ini juga mempunyai informasi arah kiblat yang dapat dimanfaatkan melalui GPS di smartphone.

Ramadan Time 2022 dapat Anda unduh melalui Google Play Store.

10. Muslim Pro

Rekomendasi aplikasi terakhir sebagai jadwal imsakiyah dan buka puasa untuk bulan Ramadan 2022 yaitu Muslim Pro. Aplikasi ini dibekali fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui waktu sholat, imsak, dan buka puasa.

Pengguna nantinya akan menerima notifikasi jadwal ibadah dari aplikasi Muslim Pro yang disesuaikan dengan lokasi pengguna. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Al Quran bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi radio.

Selain itu, Muslim Pro juga dilengkapi dengan fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriah, serta peta yang digunakan untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan masjid.

Aplikasi Muslim Pro dapat Anda unduh melalui Google Play Store untuk smartphone Android dan App Store untuk smartphone iPhone.

Aplikasi tadi dapat membantu Anda untuk menunjang ibadah saat menjalankan puasa di bulan Ramadan 2022 agar lebih khusyuk dan bisa membantu Anda untuk selalu cek jadwal imsakiyah dan buka puasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek 5 Aplikasi Penghasil Uang yang Bisa Beri Keuntungan


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading