Omni Channel Dapat Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Layanan

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
01 April 2022 08:15
Telkomsel

Jakarta, CNBC Indonesia - Digitalisasi yang kian berkembang dan merubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja yang saat ini serba online, mengharuskan produsen atau perusahaan penyedia produk dan jasa harus mulai beradaptasi dan mengimplementasikan strategi pemasaran omnichannel.

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel, Hanang Setiohargo mengungkapkan Omnichannel dapat membuat setiap platform atau saluran yang digunakan oleh perusahaan besar maupun kecil dapat terintegrasi dengan baik sehingga dapat memberikan seamless experience pada penggunanya. Hal ini jelas dapat mewujudkan prinsip customer centric, di mana pelanggan hanya perlu berkutat pada gadget untuk melakukan aktivitas jual beli.

"Mengintegrasikan seluruh channel yang ada tentu bukan suatu hal yang mudah. Semakin banyak saluran yang dimiliki perusahaan, akan semakin sulit integrasinya dan biayanya tentu akan semakin besar," ujarnya.

Hanang menambahkan, ada pula tantangan lainnya seperti limitasi dari setiap platform atau perangkat yang digunakan, lambatnya respon sehingga menurunkan kepuasan pelanggan, serta sulitnya menentukan Key Performance Indicator (KPI) untuk tiap agen dalam setiap saluran.


TelkomselFoto: Dok Telkomsel
Telkomsel



Untuk itu, menurutnya dibutuhkan dukungan konektivitas yang andal sebagai infrastruktur IT, seperti omnichannel chat, voice contact center, dan integrasi API untuk bisnis, yang dapat diterapkan pada industri retail dan distribusi. Contohnya seperti Messenger API for Whatsapp, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya yang bisa digunakan perusahaan berjualan di media sosial.

Messenger API untuk beberapa media sosial yang diintegrasikan ke dalam omnichannel chat sejatinya memang dapat memberikan kemampuan untuk menangani banyaknya pesan yang masuk dengan baik, pertanyaan konsumen, merespon keluhan, serta melakukan pendekatan untuk keperluan penjualan via media sosial dalam satu dashboard.

Dengan menggunakan omnichannel dalam satu dashboard, Hanang menuturkan bahwa suatu perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang berdampak pada peningkatan penjualan dan performansi perusahaan secara umum.

"Dengan demikian, konsumen menikmati pengalaman berbelanja yang menyenangkan serta journey yang lebih streamline dan end to end," tambahnya.

Menjawab banyak tantangan untuk menyediakan strategi omnichannel, Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise banyak menghadirkan inovasi solusi layanan yang lengkap untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan korporasi, salah satunya yakni platform pengembangan omnichannel.

Hadir pulasolusi digital lainnya seperti keamanan perangkat, layanan video conferencing dan kolaborasi online sebagai pilihan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda dan membuka berbagai peluang agar semakin #MelesatDenganDigital.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Akselerasi Inklusi Keuangan, Telkomsel Dukung BFN & IFS 2021


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading