Dapat Pesan Ini di Facebook, Jangan Klik Atau Kena Masalah

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 March 2022 14:35
Facebook Akuib Salin percakapan di Facebook Messenger (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Terdapat teknik phishing yang menyebar di Facebook Messenger. Akan ada link di dalamnya dan diminta pengguna untuk tidak mengkliknya, atau akan ada dampak negatif nantinya.

Pesan yang masuk ke Messenger dibuat sedemikian rupa agar tidak mencurigakan. Isi pesan tersebut adalah 'lihat apa yang saya dapatkan', dengan disertai link di dalamnya.

Perlu diingat jangan mengklik tautan tersebut. Karena link itu akan membawa pengguna ke laman Facebook, namun bukanlah yang asli dari Meta.


Laman tersebut dirancang untuk mencuri data dan memasang malware di perangkat pengguna. Selain itu juga bisa mengambil alih akun para korbannya, dikutip dari IFL Science, Senin (28/3/2022).

IFL Science menuliskan jika metode ini merupakan satu dari sekian banyak penipuan yang trjadi di media sosial. Salah satunya serangkaian penipuan untuk membuat orang berinvestasi di kripto.

Selain itu ada juga beberapa kasus di Facebook dan Instagram, yakni ada yang mengirim pesan jika mereka butuh bantuan keuangan.

Namun kita bisa jadi tidak menyadari dalam bahaya terkena penipuan. Laman IFL Science membagikan tips untuk terhindar dari modus tersebut:

  1. Hati-hati jika pesannya tidak biasa atau tidak terduga. Termasuk juga apabila tata bahasanya tidak masuk akal.
  2. Tanyakan mengenai link atau tautan yang disertakan di dalamnya.
  3. Pastikan profil yang mengirimkan pesan adalah sah.
  4. Kamu bisa menghubungi pemilik akun dengan metode lain, jika diduga profil tersebut diretas atau disusupi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Hacker Rusia Ketahuan Intai dan Serang Ukraina & Eropa


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading