Ini Dia Cara Membuat Website Gratis

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
17 March 2022 17:05
Ratusan Orang Rela Antre di GBK Demi Mencari Kerja (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini ini terdapat teknologi yang dinamakan CMS (Content Management System). Dengan CMS, semua orang bisa membuat website mudah dan gratis. Website ini bisa untuk membuat toko online juga tanpa memakai jasa web developer

Membuat Website Gratis, Mudah dan Cepat

Content Management System merupakan fitur lunak yang digunakan untuk meningkatkan, memanipulasi serta mengganti isi dari suatu website. Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana suatu website dibuat ataupun kode-kode pemrograman bisa dibangun sedemikian rupa jadi suatu website. Beberapa contoh CMS yang popular antara lain: Wordpress, Drupal, Joomla, Blogger, dll.

Hingga saat ini cara membuat website sendiri dengan CMS adalah yang popular dan paling direkomendasikan, karena aspek teknis coding seperti CSS, HTML sepenuhnya sudah diatasi oleh CMS seperti wordpress. Sehingga yang selanjutnya Anda pikirkan cumalah pembuatan konten dari website. Misalnya, mau membuat website pribadi. Jadi, Anda wajib memikirkan website apa yang mau dibuat, menu yang ada dan beberapa foto yang wajib ditampilkan.

Begitu halnya dengan membuat toko online. Coba pikirkan barang apa yang mau dijual, harga produk, tampilan produk, tata cara pembayaran, cara kirim barang, spesifikasi produk dan sebagainya. Intinya, kekuatan website Anda terdapat di dalam konten. Untuk membuat website gratis ada bermacam-macam cara.

Tahapan Cara Membuat Website Gratis

1. Cari nama domain& hosting gratis di 000webhost, dot.tk, ataupun freenom
2. Pilih nama Domain.
3. Buat akun untuk memiliki Hosting murah free domain.
4. Hubungkan Domain dengan Hosting.
5. Buat website wordpress gratis dengan Instant deploy dari fitur hosting tadi (otomatis jadi)
6. Install tema wordpress gratis yang tersebar di Internet.

Pastikan Website yang Mau Dibuat

Pertama-tama yang wajib Anda simak dalam cara membuat website gratis ialah memastikan website yang mau dibuat.

1. Website pribadi
2. Website perusahaan
3. Website toko online
4. Website portofolio

Memilih CMS yang Tepat

Terdapat ratusan CMS yang bisa Anda pilih. Supaya lebih jelas, Anda dapat masuk ke cPanel Hosting kemudian amati dibagian Softaculous Apps Installer. Disitu terdapat banyak sekali CMS baik untuk kepentingan website, toko online, ecommerce, web elearning bahkan website dialog.

Nah, salah satu CMS yang populer untuk membuat website yaitu WordPress. Anda dapat membuat website gratis memakai WordPress. Sebaliknya buat toko online, salah satu CMS yang populer yaitu Prestashop. Untuk keduanya, cara membuat websitenya sangat mudah.

WordPress

WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang telah berbentuk website. Untuk itu, Anda tidak perlu membuat website dari awal serta tidak perlu paham bahasa pemrograman website.

Dari segi pengelolaan juga mudah, Anda dapat melakukan kustomisasi tema sesuai keinginan. Terdapat banyak tema yang bisa dipilih dari mulai berbayar sampai gratis. Dari segi security, Anda juga tidak perlu repot sebab WordPress yang mengurus semuanya. Dengan WordPress Anda bisa membuat website gratis!!

Cara Membuat Website WordPress Gratis

Nah buat Anda yang mau menjatuhkan opsi pada WordPress, terdapat banyak cara untuk membuat website gratis. Anda bisa langsung instalasi manual dengan menggunakan Softaculous Apps Installer.

1. Buka cPanel
2. Instalasi CMS WordPress Lewat Softaculous Apps Installer.
3. Pilih Domain yang mau di install wordpress,
4. Masukan Username serta pasword websit Anda
5. Pilih email yang akan di daftarkan untuk notifikasi.
6. Pilih bahasa website Anda.
7. Klik centang bila mau menggunakan classic editor.
8. Klik Install
9. Website Anda telah selesai, Saat ini tinggal atur tampilan saja

Cara Mengubah Tema dan Memasang Plugin WordPress

Setelah sukses membuat website dengan WordPress, saatnya membuat cantik tampilan website Anda. Semua kemudahan sudah ditawarkan WordPress. Anda bisa membuat cantik tampilan dengan beberapa tema serta plugin yang ada. Anda bisa memilih tema gratis maupun berbayar sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat juga beragam plugin yang bisa Anda pilih. Untuk memudahkan kustomisasi tampilan, Anda bisa memasang Elementor Page Builder di WordPress.

Cara Supaya WordPress Terjamin Aman

Supaya website WordPress aman, yakinkan Anda memasang plugin opsi seperti All in One WP Security& Firewall maupun WordFence. Tidak hanya itu, biasanya pihak penyedia layanan telah melengkapi dengan Anti-virus serta Anti-Malware untuk mengatasi peretasan. Untuk menghindari serangan DDOS, Anda juga bisa memakai CloudFlare.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading