Sayonara! Instagram Resmi Matikan Aplikasi IGTV

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 March 2022 19:50
This Friday, Aug. 23, 2019 photo shows the Instagram app icon on the screen of a mobile device in New York. (AP Photo/Jenny Kane)

Jakarta, CNBC Indonesia- Mulai pertengahan Maret, aplikasi IGTV akan dihapus dari toko aplikasi. Instagram nampaknya juga akan mulai berfokus pada Reels, fitur video singkat pesaing Tiktok.

Dalam postingan blog, Instagram menjelaskan perubahan itu adalah bagian upaya perusahaan membuat video sesederhana mungkin untuk ditemukan dan dibuat. Anak perusahaan Meta itu juga akan berfokus pada seluruh video di aplikasi utamanya.

Instagram juga akan melakukan penyederhanaan dan meningkatkan video di aplikasi utama dalam beberapa bulan mendatang, dikutip dari Tech Crunch, Selasa (1/3/2022).


Instagram juga menambahkan iklan video in-stream atau iklan IGTV tidak lagi didukung. Alasannya untuk mengalihkan fokus pada Reels.

Instagram mengatakan pembuat konten yang aktif memonetisasi dengan iklan tersebut akan menerima bayaran bulanan sementara berdasarkan penghasilan terbaru.

Menurut platform itu, sekarang sedang dilakukan penjajakan untuk cara pengguna bisa mendapatkan pendapatan dari Instagram.

Pada akhir tahun mendatang, perusahaan mulai menguji pengalaman untuk iklan baru. Yakni memungkinkan pengguna bisa mendapatkan uang dari Reels mereka.

Perusahaan itu juga menegaskan fokusnya pada Reels, yang disebut menjadi kontributor terbesar pertumbuhan keterlibatan pengguna. Instagram berencana akan terus melakukan investasi pada fitur tersebut.

"Reels terus menjadi bagian yang berkembang dan penting dari Instagram dan kami bersemangat untuk berinvestasi lebih banyak lagi pada format ini," kata Instagram.

Pengumuman ini datang setelah Instagram menghapus branding IGTV pada Oktober lalu. Video berdurasi panjang IGTV dan video feed digabungkan dalam format baru disebut Video Instagram.

Saat itu, Instagram mengatakan aplikasi IGTV tidak akan dihapus dan akan berganti nama. Namun lima bulan kemudian, pada akhirnya Instagram memutuskan menghapus aplikasi itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bikin Video Reels Bisa dapat Rp 500 Juta dari Instagram, Mau?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading