Usai PUBG Mobile Kini India Blokir Garena Free Fire, Kenapa?

Tech - roy, CNBC Indonesia
15 February 2022 15:05
Free Fire (ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Dalam Negeri India (Ministry of Home Affair) baru saja memblokir 54 aplikasi buatan China yang beroperasi di negara tersebut. Salah satu yang diblokir adalah game online Free Fire.

Hal ini dikonfirmasi oleh Garena Internasional. Saat ini game Free Fire tak tersedia di Google Play Store untuk Android dan App Store milik Apple. Game ini juga tidak beroperasi pada sebagian pengguna di India.

"Kami sedang bekerja untuk mengatasi situasi ini, dan kami meminta maaf kepada pengguna kami atas ketidaknyamanan ini," ujar Garena seperti dikutip dari NDTV, Senin (15/2/2022).


Game online Free Fire dikembangkan oleh Garena, yang merupakan unit bisnis SEA Ltd, perusahaan teknologi asal Singapura.

Nasib yang sama juga dialami oleh game online PUBG. Game ini sebenarnya dibuat oleh Krafton dari Korea Selatan tetapi distribusi dipegang oleh raksasa teknologi China, Tencent Inc.

Dalam penjelasan resminya, pemerintah India memblokir 54 aplikasi itu karena diduga memperoleh berbagai izin penting dan mengumpulkan data pengguna yang sensitif.

"Data real time yang dikumpulkan ini disalahgunakan dan dikirim ke server yang berlokasi di negara musuh," ungkap pemerintah India, seperti dihimpun dari Gadgets360.

Pemerintah India juga menyebut adanya kemungkinan pelanggaran keamanan dan spionase serius yang mungkin dilakukan aplikasi ini melalui kamera atau mikrofon, GPS, dan aktivitas jaringan berbahaya.

"Aplikasi ini diduga terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas negara juga merupakan ancama serius bagi kemanan negara dan pertahanan India," terang pemerintah India.

Google mengungkapkan untuk sementara waktu memblokir akses ke Garena Free Fire dari Google Play Store khususnya versi Illuminate. Sementara Garena Free Fire Max untuk perangkat premium masih terdaftar dan bisa diunduh di Google Play Store.

Hubungan India dan China memang sedang tidak baik-baik saja. Pada 2020 terjadi pertempuran berdarah di perbatasan kedua negara daerah Gunung Himalaya. Sejak itu, India mengambil tindakan keras terhadap investasi dari China, termasuk memblokir apikasi buatan perusahaan negeri Tirai Bambu itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapan Free Fire FF Maintenance Selesai, Ini Bocorannya


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading