Maaf! Ada Kabar Enggak Enak Lagi Soal Covid Omicron RI

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
09 February 2022 17:10
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, memberikan keterangan pers mengenai perkembangan terkini terkait vaksin COVID-19 dari AstraZeneca. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan penularan (transmisi) lokal kini kuasai kasus Covid-19 varian omicron di Indonesia.

"Kalau kita lihat tren Omicron sendiri itu dari hari ke hari terus terjadi peningkatan, terutama pada penularan secara lokal," ujarnya saat bicara di program PROFIT CNBC Indonesia, Rabu (9/2/2022).

Lebih lanjut, Siti mengungkap, saat ini penularan secara lokal hampir sekitar 70 persen dari presentasi pelaku perjalanan luar negeri.


"Jadi sudah saat ini dari 4.768 kasus, 3.000-nya ini adalah transmisi lokal," terang Siti.

Namun, jika dilihat di sisi lain, pola Covid-19 yang saat ini terdeteksi, 80 persennya tidak bergejala atau gejala ringan. Artinya saat ini, Siti melihat bahwa tingkat keterisian tempat tidur perawatan di rumah sakit menurun.

Ini dikarenakan kasus yang sedang dan berat jumlahnya lebih sedikit dibanding kasus-kasus yang tidak bergejala atau bergejala ringan

"Masyarakat juga sudah bisa memahami kalau bergejala ringan atau tidak bergejala itu bisa melakukan isolasi mandiri, sehingga tidak menjadi tambahan beban untuk fasilitas kesehatan atau rumah sakit." pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Booster Vaksin Sinovac Ampuh Lawan Omicron, RI Siap Bagikan?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading