Internasional

Warning Peraih Nobel soal Kripto, Bak Subprime Mortgage

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
29 January 2022 13:50
FILE PHOTO: Bitcoin (virtual currency) coins placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, are seen in this illustration picture, November 6, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonom pemenang hadiah Nobel, Paul Krugman, baru baru ini memberikan sebuah pernyataan bahwa keadaan pasar cryptocurrency yang bergejolak saat ini. Ia berujar, ini dapat menimbulkan dampak yang sama seperti saat krisis subprime mortgage pada akhir 2000-an.

Subprime mortgage merupakan istilah untuk kredit perumahan (mortgage) yang diberikan kepada bank kepada debitor saat suku bunga rendah dan harga rumah melonjak. Bank tersebut memiliki sejarah kredit yang buruk atau belum memiliki sejarah kredit sama sekali, sehingga digolongkan sebagai kredit yang berisiko tinggi.


Begitu pasar melemah, pemilik rumah mendapati diri mereka bahwa mereka berada dalam ekuitas negatif. Sehingga mereka tidak mampu membayar kembali pinjaman mereka, yang mengakibatkan kerugian besar bagi pemberi pinjaman.

Krugman mengatakan melihat sebuah paralel yang tidak baik antara crypto dan kehancuran subprime AS yang membuat seluruh pasar perumahan memicu krisis keuangan global pada 2007-2008 lalu. Krugman berpendapat, bahwa investor crypto juga dijual produk keuangan spekulatif tanpa benar-benar memahami risiko dari semua pihak yang terlibat, sama seperti pada krisis subprime.

"Banyak peminjam tidak mengerti apa yang mereka hadapi. Dan cryptocurrency, dengan fluktuasi harga yang sangat besar, itu sama berisikonya dengan kelas aset," ujar Krugman dikutip dari CNBC Internasional, Sabtu (29/1/2022).

Pernyataan Krugman makin diperkuat dengan nilai Bitcoin dan mata uang digital lainnya yang telah turun tajam dalam beberapa pekan terakhir. Dengan harga lebih dari US$37.000, koin teratas dunia saat ini turun sekitar 46% dari rekor tertinggi November yang hampir mencapai US$69.000.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pecinta Kripto, Ada Kabar Buruk Bitcoin Cs dari Xi Jinping


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading