Cek! Cara Dapat AdSense Youtube, Lengkap dengan Hitungannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 January 2022 08:04
This Oct. 21, 2015 photo shows signage with a logo at the YouTube Space LA offices in Los Angeles. (AP Photo/Danny Moloshok)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak cara mendapatkan uang dari Youtube. Salah satu yang terkenal melalui iklan atau AdSense.

Iklan tersebut bisa didapatkan melalui iklan display, overlay, dan video. Berikut beberapa jenis iklan yang hadir di Youtube:


1. Skippable Video: Iklan ini bisa dilewatkan setelah lima detik.
2. Non-skippable Video: Iklan ini harus ditonton seluruhnya atau tidak bisa diskip, baru setelah itu pengguna bia menonton video.
3. Bumper  Pendek, iklan tidak bisa dilewatkan hingga 6 detik, yang harus ditonton sebelum video bisa ditonton. Bumper akan aktif saat iklan bisa diskip atau tidak dinyalakan.
4. Overlay: Gambar atau teks yang muncul kurang dari 20% porsi video.

Bagi pembuat konten Youtube bisa mendapatkan AdSense, dengan membuat akun AdSense. Berikut caranya:

- Sign in ke Youtube Studio.
- Pilih Monetization pada menu di sebelah kiri.
- Klik Start pada bagian Sign Up for Google Adsense
- Saat diminta, masukkan password akun Youtube dan autentikasi ulang jika dibutuhkan.
- Pilih akun Google yang ingin digunakan AdSense. Catatan: jika sudah menggunakan AdSense selain Youtube, sign in akun Google menggunakan akun Adsense yang sudah ada sebelumnya.
- Sekarang sudah masuk ke AdSense, berikutnya verifikasi alamat email. Jika salah, ketuk akun Use a different untuk mengganti akun.
- Teruskan mengatur akun. Masukkan informasi kontak dan kirimkan aplikasi akun AdSense.

Dalam laman resminya, Google menyediakan estimasi potensi penghasilan dari AdSense. Ini bergantung pada lokasi pengunjung dan kategori konten.

Namun Google juga menuliskan tidak ada jaminan atau kepastian pembuat konten akan memperoleh penghasilan dari jumlah tersebut. Estimasi hanya berdasarkan konten dan wilayah yang dipilih.

Pendapatan sebenarnya, Google mengatakan bergantung pada sejumlah faktor. Ini mulai dari permintaan pengiklan, lokasi pengguna, perangkat pengguna, vertical content, tren musiman, ukuran iklan dan nilai tukar mata uang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Google 'Suntik Mati' Konten Youtube Original!


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading