Ada Serangan Ransomware, Penjara Canggih Ini Lumpuh

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 January 2022 16:55
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Minggu lalu, Bernalilo County wilayah terpadat di New Mexico (Amerika Serikat) mengalami serangan ransomware secara masif. Salah satu dampaknya, membuat penjara area Albuquerque lumpuh.

Serangan itu membuat tidak ada akses ke kamera. Selain juga membuat mekanisme pintu otomatis tidak bisa digunakan.

Para narapidana akhirnya terkurang di sel selama para teknisi berjuang mengembalikan sistem online. Ini terjadi pada tanggal 5 Januari 2022 sejak pagi hari, dikutip The Verge, Rabu (12/1/2022).


Berdasarkan database pelacakan insiden berisi seluruh laporan, penggunaan kekuatan serta tuduhan penyerangan seksual tidak tersedia dalam database para narapidana. Diyakini semua itu dirusak oleh para pelaku serangan.

"Pada pagi hari tanggal 5 Januari 2022, mekanisme pintu otomatis di MDC tidak bisa digunakan, artinya staf harus menggunakan kunci untuk membuka pintu fasilitas secara manual," jelas pengacara untuk wilayah itu, Taylor Rahn dalam pemberitahuan pengadilan mengenai kejadian itu.

"Salah satu dampak paling mengkhawatirkan dari serangan siber adalah MDC tidak bisa mengakses kamera fasilitas. Pada malam tanggal 5 Januari, tidak ada akses ke kamera di dalam fasilitas".

Selain penjara, serangan tersebut juga berdampak pada kantor pemerintahan setempat di mana para pegawai tidak bisa mengakses database pemerintah daerah. Seluruh kantor publik juga ditutup sementara.

Bahkan hingga berhari-hari kemudian nampaknya keadaan belum sepenuhnya normal. Sebab pada siaran pers tertanggal 10 Januari 2022 lalu, kantor pusat daerah dibuka kembali sebagian.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading