Ini Link Prakerja 2022, Lainnya Tipu-tipu!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 January 2022 11:40
Infografis, Ayo Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 16 Resmi Dibuka

Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Cipta Kerja memastikan program Kartu Prakerja akan dilanjutkan tahun 2022. Tahun ini program semi bantuan sosial selama pandemi Covid-19 akan memiliki anggaran Rp 11 triliun.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, program ini akan dilanjutkan tahun ini karena realisasi program tersebut baru menjangkau 11,4 juta peserta pada 2021 ini.

"Program Kartu Prakerja ini akan diteruskan di tahun 2022 mendatang dengan anggaran sebesar Rp 11 triliun untuk 2,9 juta (penerima) sampai dengan akhir tahun mendatang. Kecuali ada penambahan yang dilakukan oleh pemerintah melihat situasi dan kondisi yang berkembang," jelas dia sebuah seminar beberapa waktu lalu, seperti dikutip Senin (10/1/2022).


Adapun link pendaftarannya masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni situs www.prakerja.go.id. Ini satu-satunya tempat pendaftaran program ini, lainnya tipu-tipu.

Pendaftaran peserta Prakerja gelombang selanjutnya pun sudah dibuka melalui situs tersebut. Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini, dapat membuat akun terlebih dahulu di bagian dashboard website. Jika sudah memiliki akun, Anda langsung bisa mengikuti seleksi gelombang yang dibuka.

"Sobat Prakerja, pembuatan akun di situs Kartu Prakerja sudah dibuka kembali. Sobat yang belum punya akun, segera daftarkan diri, yuk!," tulis manajemen Kartu Prakerja, dikutip laman Instagram resmi, Rabu (5/1/2022).

Cara membuat akun Kartu Prakerja 2022

  1. Anda bisa membuka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  2. Masukkan alamat e-mail dan password yang Anda miliki untuk mendaftar
  3. Anda bisa membuka e-mail notifikasi yang dikirimkan ke e-mail masing-masing, dan bisa langsung melakukan verifikasi
  4. Jika berhasil, Anda bisa melanjutkan ke proses pendaftaran.

Meski demikian, manajemen Kartu Prakerja tidak menuliskan secara spesifik kapan gelombang kartu Prakerja selanjutnya akan dibuka. Masyarakat diminta untuk tetap memantau perkembangan terkini.

"Jangan lupa pantau terus info mengenai pembukaan gelombang hanya di akun Instagram Kartu Prakerja ya, Sobat!," tulis manajemen.
Lantas, bagaimana syarat mendaftar Kartu Prakerja? Berikut penjelasannya

Syarat untuk mendaftar Kartu Prakerja 2022

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia 18 tahun ke atas.
  3. Calon peserta tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  4. Calon peserta sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, pelaku usaha mikro dan kecil.
  5. Calon peserta bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19.
  6. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD
  7. Maksimal 2 NIK di dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang diperbolehkan menerima Kartu Prakerja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek HP! Peserta Lolos Prakerja Gelombang 18 Diumumkan via SMS


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading