Catat! Sejumlah Layanan Utama Blackberry Setop 4 Januari 2022

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 December 2021 20:00
FILE PHOTO - A Blackberry sign is seen in front of their offices on the day of their annual general meeting for shareholders in Waterloo, Canada in this June 23, 2015.    REUTERS/Mark Blinch/File photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Blackberry menghentikan sejumlah layanan utamanya pada Januari 2022 mendatang. Termasuk di antaranya seluruh layanan untuk Operating System (OS) ponsel.

Blackberry mengumumkan penghentian layanan tersebut dalam laman resminya. Layanan akan resmi berhenti per tanggal 4 Januari 2022 mendatang.

"Layanan lama untuk Blackberry 7.1 OS dan versi sebelumnya, software Blackberry 10, Blackberry Playbook OS 2.1 dan versi sebelumnya tidak akan tersedia setelah 4 Januari 2022," tulis Blackberry, dikutip Jumat (31/12/2021).


"Mulai tanggal tersebut, perangkat yang menjalankan layanan dan software lama melalui baik koneksi operator atau WiFi tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk fungsi data, telepon, SMS dan 9-1-1".

Sementara itu, untuk perusahaan Blackberry tetap akan beroperasi. Uber Gizmo menuliskan fokus perusahaan menyediakan software serta layanan keamanan cerdas untuk perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia.

Sebagai informasi, Blackberry memang sempat sangat populer beberapa tahun silam. Terutama layanan pesan eksklusif Blackberry Messenger (BBM) yang jadi primadona, jauh sebelum keberadaan WhatsApp milik Facebook.

Namun sayang, seiring perkembangan iPhone serta ponsel Android, maka Blackberry tidak bisa bersaing lagi di pasaran saat ini.

Salah satu cara bertahan Blackberry dengan melakukan lisensi merek. Sayangnya upaya itu terlambat dan tidak mengejutkan akhirnya perusahaan memutuskan menghentikan layanannya.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading