Jauhi IndoXXI, LK21 & Dunia21! Ada Bahaya Besar Mengancam

Tech - Tim, CNBC Indonesia
31 December 2021 12:40
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Menonton film secara online kini menjadi salah satu kebiasaan baru selama pandemi Covid-19. Namun kamu harus menjauhi streaming film ilegal seperti IndoXXI, LK21, hingga Dunia 21. Sebab layanan tersebut mengandung bahaya besar.

Federal Trade Commision (FTC) mengingatkan akan adanya bahaya malware yang menyusup ke perangkat ketika mengakses streaming film ilegal. Kini banyak pemasok konten bajakan menyebarkan aplikasi dan add-on yang berfungsi dengan perangkat streaming populer.

"Jika kamu mengunduh salah satu aplikasi atau add-on ilegal, kemungkinan besar kamu juga akan mengunduh (download) malware," tulis Alvaro Puig, Consumer Education Specialist FTC, dikutip Jumat (31/12/2021).


FTC mengungkap beberapa hal berbahaya yang bisa dilakukan malware yang kamu dapatkan ketika mengakses streaming film ilegal:

  • Mencuri informasi kartu kredit dan menjualnya ke hacker lain di dark web
  • Mencuri log in kredential situs tempat kamu berbelanja
  • Curi log in kredensial rekening bank dan mencuri uang Kamu
  • Menggunakan komputer kamu untuk melakukan tindakan kejahatan.

"Software perusak juga dapat membuat komputer kamu lambat atau tidak responsif, menayangkan iklan pop-up atau membawa kamu ke situs yang tidak kamu inginkan," jelas Alvaro Puig.

Pakar Keamanan Siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya menjelaskan layanan ilegal tidak membayar lisensi pada pemilik konten serta memberikan akses konten gratis pada yang mengakses. Padahal membuat film membutuhkan dana yang besar dan melibatkan banyak orang. dengan adanya aksi pembajakan film maka jerih payah mereka tidak dihargai dan dibayar.

"Nonton film ilegal merusak hak cipta dan tidak mendorong berkembang industri film yang sehat," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas, Ada Bahaya Mengancam Streaming Film di LK21, IndoXXI Cs


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading