Tenang, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Tak Bisa Login Instagram

Tech - Tim, CNBC Indonesia
21 December 2021 18:00
Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang dinaungi oleh Meta dengan pengguna dari seluruh dunia. Aplikasi ini memang sangat populer untuk digunakan sebagai media sharing foto dan video.

Untuk menggunakan aplikasi Instagram, tentu Anda harus memiliki akun pribadi. Jika sudah memiliki akun Instagram, Anda tinggal login Instagram untuk melakukan aktivitas melalui salah satu platform media sosial terpopuler ini.

Pastikan Anda mengingat password akun Instagram Anda untuk mempermudah login Instagram kembali. Instagram juga bisa menjadi wadah untuk membuat portofolio, bersenang-senang, melihat informasi terkini dan sebagai ranah mencari pundi-pundi rupiah.


Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Login Instagram

Namun, terkadang pengguna Instagram mengalami masalah ketika login akun Instagram. Pengguda kadang tidak bisa melakukan login Instagram. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini. Bisa jadi karena ada masalah pada aplikasi atau koneksi internet yang tidak stabil.

Tentunya momen ini cukup membuat pengguna kesal, karena kegiatan untuk melihat atau membagikan momen berharga jadi tertunda. Tapi tenang dulu, karena di artikel ini kita akan membahas cara mengatasi masalah tidak bisa login Instagram. Berikut ulasannya.

1. Login IG di Perangkat Lain

Untuk memastikan masalah kesulitan login akun Instagram, silahkan coba masuk akun melalui perangkat lain. Jika Anda tidak bisa melakukan login di HP, maka coba lakukan login Instagram lewat tablet, laptop, komputer atau HP lainnya.

Cara ini untuk mengetahui apakah masalah tidak bisa login ini berasal dari perangkat sebelumnya atau bukan. Namun, jika Anda mencoba untuk melakukan login Instagram di perangkat yang tidak biasa digunakan, Instagram akan mengirim notifikasi tidak mengenali perangkat melalui email. Silahkan lakukan verifikasi bahwa kegiatan login tersebut adalah benar adanya dilakukan oleh pemilik akun.

2. Pastikan Koneksi Internet Berjalan

Karena aplikasi Instagram mengandalkan koneksi internet dan kuota, tentu Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda mendapatkan koneksi internet yang baik. Masalah tidak bisa login Instagram bisa saja terjadi akibat tidak ada jaringan internet di HP Anda.

Mungkin, lokasi Anda berada saat ini tidak memiliki jangkauan sinyal yang baik. Pastikan juga bahwa Anda memiliki paket internet atau kuota. Ada beberapa jenis kuota yang ternyata mengurangi koneksi untuk membuka aplikasi Instagram. Sehingga ketika Anda membuka aplikasi tersebut, biasanya pengguna justru merasakan lemot.

3. Muat Ulang Aplikasi

Memuat ulang atau membuka kembali aplikasi Instagram bisa menjadi solusi jika Anda mengalami kendala pada proses login. Anda bisa mengikuti cara ini dengan langkah-langkag berikut:

  1. Tutup aplikasi Instagram di perangkat Anda.
  2. Buka Recently Closed Apps di perangkat Anda (untuk iPhone silahkan klik home button sebanyak 2 kali, untuk Android biasanya ada ikon garis tiga di samping home button untuk menuju ke Recently Apps)
  3. Hapus aplikasi Instagram di menu Recently Apps.
  4. Lalu buka kembali aplikasi Instagram di HP Anda.

4. Restart Perangkat

Jika cara tersebut masih belum bisa juga, coba lakukan restart atau memuat ulang perangkat Anda. Cara ini cukup sederhana untuk dilakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa login Instagram. Patikan untuk menutup terlebih dahulu aplikasi Instagram di perangkat Anda.

Jika perangkat sudah di restart, Anda bisa mencoba kembali untuk melakukan login Instagram. Setiap gangguan atau bug aplikasi bisa diperbaiki dengan merestart HP atau perangkat yang sedang digunakan termasuk Instagram.

5. Bersihkan Cache Aplikasi Instagram di HP

Setiap aplikasi yang terdapat di perangkat seluler akan mengumpulkan file cache yang bisa membantu setiap sesi lebih cepat dan lancar. Namun, file cache juga bisa menyebabkan penyimpanan penuh dan membuat aplikasi menjadi lebih lambat.

Bisa jadi, penyebab tidak bisa login Instagram disebabkan oleh file cache yang menumpuk. Silahkan bersihkan HP Anda dari file cache aplikasi yang terinstal di HP untuk mengembalikan kinerja aplikasi seperti Instagram.

Pada Android silahkan buka menu pengaturan > pengaturan aplikasi > pilih Instagram > klik Hapus Cache.

6. Lakukan Update Aplikasi IG

Aplikasi Instagram biasanya melakukan perbaharuan rutin untuk membuat aplikasi bisa tetap berfungsi dengan baik. Nah, jika masalah tidak bisa login terjadi karena Anda belum memperbarui aplikasi ke versi terbaru, silahkan segera memperbarui aplikasi Instagram melalui Google Play Store atau App Store.

Anda bisa mengaktifkan fitur update otomatis di Google Play Store atau App Store agar aplikasi diperbarui secara otomatis jika terdapat update terbaru dari development.

Itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika terjadi masalah pada aplikasi Instagram seperti tidak bisa login. Namun, pastikan Anda memang tidak bisa login bukan karena lupa password. Jika Anda tidak bisa login karena lupa password, silahkan klik menu lupa password di bawah kotak login dan ikuti langkah-langkah verifikasinya untuk mereset password. Selamat mencoba.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Instagram Hapus Fitur Swipe-Up, Diganti Apa?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading