Layanan Telkomsel Perkuat Ekosistem Digital RI

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
15 December 2021 15:15
Dubai Expo (Telkomsel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel sebagai leading digital telco company berupaya melanjutkan mengiringi perjalanan bangsa menghadapi berbagai tantangan di era modern. Salah satunya melalui pemanfaatan keunggulan teknologi serta inovasi layanan digital Telkomsel yang menegaskan ketangguhan sebagai bangsa untuk dapat terus tumbuh dari waktu ke waktu. Telkomsel terus memperluas cakupan jaringan broadband di seluruh Indonesia. Diketahui, hingga Maret 2021 tercatat ada lebih dari 234 ribu Base Transceiver Station (BTS) yang telah dibangun Telkomsel dan menjangkau 95% wilayah populasi Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan beragam kegiatan untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelaku UMKM dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas digital melalui rangkaian kegiatan webinar, lokakarya, dan pendampingan, sehingga mereka bisa berdaya dan bersaing di tingkat nasional maupun global.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Telkomsel yang bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Kemenkop dan UKM, misalnya 'Telkomsel Sinergi untuk Negeri', yang berlangsung secara virtual selama 22 November - 31 Desember 2021.


Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir yang turut membuka acara Telkomsel Sinergi untuk Negeri, mengatakan COVID-19 menjadi momentum percepatan transformasi digital di berbagai bidang, baik dalam kehidupan masyarakat maupun Industri. Menurutnya, transformasi digital di lingkungan BUMN saat ini merupakan sebuah keharusan.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan Sinergi Untuk Negeri ini, dapat menjadi sarana pengenalan teknologi dan produk terbaru kepada masyarakat luas yang dimiliki oleh BUMN, khususnya Telkom dan Telkomsel, sehingga transformasi digital yang dilakukan dapat membawa kemajuan dan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," tutur Erick, Selasa (30/11/2021).

Telkomsel Sinergi untuk Negeri merupakan virtual expo yang hadir dengan tiga program utama, yakni Virtual Exhibition, Virtual Sales Program, dan Webinar. Virtual Exhibition. Momentum ini merupakan kesempatan bagi enterprise dan para pelaku UMKM untuk melihat berbagai showcase solusi digital inovatif yang dimiliki ekosistem digital Telkomsel.

Misalnya saja, platform 99% Usahaku, Telkomsel IoT, Telkomsel Enterprise, LinkAja, TADEX, hingga teknologi jaringan broadband terbaru Telkomsel 5G untuk mengakselerasi transformasi digital seluruh elemen bangsa.

Sedangkan pada Virtual Sales Program, para pengunjung dapat membeli berbagai produk dan layanan digital Telkomsel sesuai kebutuhan, seperti Telkomsel Orbit, beragam paket bundling, by.U, hingga layanan 5G. Terakhir, melalui Webinar Telkomsel menghadirkan para praktisi dan expert untuk dapat berbagi pengetahuan, pengalaman.

Selain itu, ada pula berbagai saran praktis terkait pengembangan ekosistem smart industry, smart agriculture, hingga transformasi dan digitalisasi sektor enterprise dan UMKM. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan kapasitas untuk berkembang melalui pemanfaatan teknologi terdepan.

Bukan cuma itu, Telkomsel juga menggelar Digital Creative Enterpreneurs (DCE) 2021, sebuah cara untuk mengakselerasi transformasi digital sektor para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. DCE 2021, Telkomsel melakukan pendekatan berbeda dengan menggandeng entrepreneur dan brand owners lokal di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan, serta kolaborasi yang melibatkan ekosistem digital Telkomsel (99% Usahaku, Telkomsel MyAds, dan Kuncie) dan Emtek Digital (Bukalapak, Vidio, dan KLY).

Aksi kolaboratif ini diharapkan dapat menjadikan DCE 2021 sebagai wadah yang lebih optimal dalam mendorong kemajuan sektor UKM lokal untuk lebih berkembang dengan layanan Telkomsel. Dalam program DCE 2021 akan dilakukan tahap penyeleksian dengan memilih 150 UKM yang dapat mengikuti program, seperti menjalani masa orientasi dan mentoring selama tiga minggu.

Selain itu, untuk memperkenalkan eksistensi di kancah global, keikutsertaan Telkomsel dalam ajang Dubai Expo 2020 yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan semakin memperkuat peran perusahaan. Dengan mengusung tema "Creating the Future, from Indonesia to the World", yang menceritakan kisah di balik kemajuan bangsa, di mana akan membuktikan Indonesia sebagai salah satu negara yang paling menjanjikan untuk menjalin kolaborasi dalam hal perdagangan, pariwisata, dan menjadi tujuan investasi yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Melalui Dubai Expo ini, Telkomsel mendukung penuh partisipasi Indonesia guna mempromosikan seluruh potensi perdagangan, peluang investasi bisnis, hingga pengembangan sektor pariwisata. Melalui layanan digital Telkomsel berbagai aktivitas menarik tela dilakukan di Dubai Expo. Adapun sederet layanan Telkomsel yang dihadirkan seperti, ragam showcase kapabilitas teknologi digital terkini, serta ragam solusi digital inovatif di area Paviliun Indonesia. Kehadiran layanan digital Telkomsel pada ajang Dubai Expo pun diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang investasi dan kolaborasi untuk Indonesia secara berkelanjutan.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Transformasi Digital, Telkomsel Kerja Sama dengan Bluebird


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading